Airlangga Hartarto. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Kamis (17/2). Tersedia kuota sebanyak 500 ribu orang.

Menteri Airlangga mengatakan gelombang selanjutnya akan dibuka dengan jumlah kuota yang sama. Menurutnya, dikutip dari Kantor Berita Antara, Komite Kartu Prakerja juga telah memutuskan untuk memprioritaskan pendaftar dari 212 kabupaten dan kota dengan angka kemiskinan ekstrem yang tinggi.

Baca juga:  Tahapan Pemilu 2024 Dimulai

“Diharapkan melalui bantuan Kartu Prakerja dapat mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk dapat terlepas dari jerat kemiskinan ekstrem,” imbuh Airlangga.

Selain itu, Program Kartu Prakerja juga akan memberikan alokasi khusus kepada 50.000 calon Pekerja Migran Indonesia. “Pelatihan Kartu Prakerja diharapkan dapat melengkapi kompetensi yang dimiliki oleh para calon pekerja migran Indonesia saat bekerja di negara tujuan masing-masing,” ucapnya.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi Program Kartu Prakerja www.prakerja.go.id. Bagi pendaftar yang lolos sebagai penerima, Airlangga meminta dapat segera memilih pelatihan yang benar-benar dibutuhkan dengan memanfaatkan fitur ‘pencarian pelatihan’ di dashboard.

Baca juga:  Ketenagakerjaan Indonesia Tahun 2020

“Jika telah menyelesaikan pelatihan, manfaatkan fitur ‘rekomendasi pekerjaan’ untuk melihat lowongan kerja yang sesuai dengan kompetensi dan pelatihan yang telah diselesaikan. Penerima Kartu Prakerja dapat memanfaatkan dengan melampirkan sertifikat pelatihan Pra Kerja untuk melamar pekerjaan,” ucapnya.

Program Kartu Prakerja juga akan membuat penawaran dan permintaan tenaga kerja lebih terhubung. “Dengan teknologi digital, Kartu Prakerja mentransformasi layanan publik dan membentuk kebiasaan baru atau new normal bagi masyarakat untuk selalu belajar,” katanya. (kmb/balipost)

Baca juga:  Penerima Program Kartu Prakerja Mencapai 8,3 Juta
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *