Suasana upacara mapepada wewalungan di Alun-alun Bangli pada 11 Januari 2022 sebelum diresmikan pada 12 Januari 2022. Alun-alun ini akan dipasangi CCTV untuk mempermudah pengawasan. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Rencananya areal alun-alun yang belakangan ini ramai dikunjungi masyarakat juga akan dipasangi CCTV. Untuk pemasangan CCTV di alun-alun, Diskominfosan butuh sekitar 10 unit CCTV.

Sebagaimana yang disampaikan Kadiskominfosan Kabupaten Bangli I Wayan Dirgayusa, sesuai pemetaan pihaknya butuh sekitar enam CCTV untuk memonitor situasi dalam alun-alun dan 4 unit lainnya untuk memonitor di luar alun-alun. “Seperti di parkiran, food court,” ujarnya, Rabu (26/1).

Baca juga:  CCTV Merekam 19 Ribu Butir Ekstasi Dibawa Polisi ke Akasaka

Pemasangan CCTV, menurutnya sangat perlu mengingat alun alun itu menjadi salah satu pusat keramaian di Bangli. Pengadaan CCTV untuk alun-alun akan diusulkan di APBD Perubahan tahun ini.

Selain di alun-alun, Dirgayusa mengatakan sesuai masterplan, pihaknya juga merencanakan pemasangan CCTV di sebelas titik lainnya. Diantaranya di areal Patung Adipura, Penelokan, beberapa pasar, persimpangan jalan dan pusat keramaian lainnya. Selain untuk pengawasan, pemasangan CCTV itu juga bertujuan mendukung jaringan informasi.

Baca juga:  Belum Lama Ibunya Meninggal, Aurilia Kehilangan Nenek hingga Ayah di KMP Yunicee

Mengenai perkiraan anggaran untuk pengadaan 21 CCTV, Dirgayusa menyebut sekitar ratusan juta. Dia mengatakan khusus di alun-alun sudah tersedia jaringan sehingga pihaknya tinggal memasang kameranya. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN