Sebagai upaya mengajegkan Bali di bidang seni budaya, Bali TV memberikan penghargaan kepada sekaa kesenian terfavorit dari pilihan pemirsa YouTube Channel Bali TV berdasarkan jumlah like dan jumlah penayangan. (BP/kup)

GIANYAR, BALIPOST.com – Bali TV (Kelompok Media Bali Post) telah menayangkan liputan PKB XLIII dan pertunjukan gong kebyar, baleganjur remaja dan tari Barong Ket duta masing-masing kabupaten/kota. Sebagai upaya mengajegkan Bali di bidang seni budaya, Bali TV memberikan penghargaan kepada sekaa kesenian terfavorit dari pilihan pemirsa YouTube Channel Bali TV berdasarkan jumlah like dan jumlah penayangan. Siapa saja sekaa tersebut?

Pertama, Sekaa Iringan Barong Darmodayana dari Banjar Buruan, Desa Buruan, Blahbatuh, Gianyar. Sekaa ini menjadi Duta Gianyar dalam lomba Tari Barong. Bendesa Adat Buruan I Wayan Nuraga, didampingi anggota DPRD Gianyar Ni Made Ratnadi, bersama Prajuru Desa Buruan menyampaikan rasa
bangganya karena seniman Blahbatuh mendapat penghargaan dari televisi swasta favorit di Bali.

Dengan diraihnya penghargaan tersebut, Wayan Nuraga menjelaskan generasi muda Desa Buruan semakin bersemangat dan termotivasi dalam pelestarian pakem Tari Barong Desa Buruan. Pakem pelestarian tari Barong Ket Buruan dilakukan berkesinambungan.

Barong Ket berkaitan erat dengan kesakralan Ratu Gede Barong Ket yang di-sungsung warga Desa Buruan. Dalam pelestariannya, Desa Buruan memiliki piranti Barong Ket yang digunakan untuk latihan maupun pentas dalam ajang lomba maupun pertunjukan seni.

Baca juga:  Di PKB, Eksistensi Perak Digeser Alpaka

Dalam pelestarian kesenian Barongn Ket diserahkan kepada sekaa iringan baik sekaa tari barong maupun sekaa gambelan. Maestro penari Barong Ket asal Desa Buruan, Pekak Sambang, telah menerima berbagai penghargaan atas penciptaan pakem tari Barong Ket.

Sepeninggalan Pekak Sambang, pelestarian pakem Tari Barong Ket pakem Desa Buruan ini dilanjutkan dan dikembangkan Pekak Made Kerse di era tahun
1960-1980.

Kerse menjadi dosen luar biasa khususnya dalam Tari Barong Ket dan menjadi utusan seni Bali tampil di luar negeri. Sebelum meninggal, Kerse telah mendidik kader calon maestro penari barong. Melalui wadah Sekaa Iringan Desa Buruan mampu melatih generasi muda desa.

Pada PKB 2021, Ketua Panitia Tari Barong Ket
Kabupaten Gianyar, I Ketut Sumardiana memercayakan dua penarinya membawakan pakem
Barong Ket Buruan yakni Wayan Swartawan (depan) dan I Gede Wira Bawa Putra (belakang).

Baca juga:  Drama Gong, Teater yang Elegan
Komunitas Seni Goro Giri Gorawa, Desa Adat Bukit, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar meraih penghargaan dari Bali TV. (BP/kup)

Penghargaan juga diraih Komunitas Seni Goro Giri Gorawa, Desa Adat Bukit, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar. Ketua Komunitas I Made Martika menyampaikan, Sekaa Baleganjur Remaja Duta Kabupaten Gianyar pada PKB 2021 ini merasa bangga menerima penghargaan dari Bali TV sebagai Sekaa Kesenian Terfavorit Pemirsa YouTube Channel Bali TV.

Melalui penghargaan Bali TV, Martika menyampaikan anggota Komunitas Seni Goro Giri Gorawa yang berdiri 2011 semakin bersemangat melestarikan kesenian khususnya baleganjur. Komunitas seni di Tampaksiring yang awalnya merupakan kumpulan seniman tabuh di tingkat banjar selanjutnya berkembang ke tingat desa.

Kini dalam komunitas itu bergabung beberapa seniman tabuh dari Sukawati. “Pelestarian kesenian tabuh seperti baleganjur bisa dijadikan ajang menjalin persaudaraan di tataran generasi muda,” ucap pria yang akrab disapa Dekgus.

Sekaa Gong Adhi Putra Kencana, Banjar Kawan, Desa mas, Ubud juga terpilih sebagai Terfavorit Pilihan Pemirsa. Kelian Banjar Kawan Desa Mas, Kecamatan
Ubud, I Nyoman Asta didampingi Koordinator Sekaa I Ketut Mandra dan I Nyoman Budiana menyampaikan rasa bangganya atas penghargaan dari Bali TV.

Baca juga:  63 Babinsa Jalani Tes Swab
Penghargaan Bali TV diserahkan pada sekaa yang menjadi favorit pemirsa di kanal YouTube Bali TV. (BP/kup)

Perhatian Bali TV ini membuat masyarakat Banjar Kawan Desa Mas bersemangat melestarikan kesenian gong kebyar. Sekaa Gong Adhi Putra Kencana untuk anak-anak dan remaja ini sudah tumbuh mulai Tahun
2001.

Jika masih siswa SD mereka masuk dalam kategori sekaa gong anak anak, sementara anak usia di atas 15 tahun masuk dalam Sekaa Gong Remaja. Kini juga tumbuh Sekaa Gong Kebyar PKK dan Sekaa Gong Kebyar Dewasa.

Sekaa Gong Adhi Putra Kencana telah dua kali tampil dalam ajang PKB yakni pada gong kebyar anak-anak PKB 2004, dan gong kebyar remaja dalam PKB 2021. “Mulai bibit dari anak-anak SD, regenerasi Sekaa Gong Kebyar Banjar Kawan, Desa Mas terus berlanjut dari gong kebyar anak-anak, remaja dan berlanjut menjadi Sekaa Gong Kebyar Dewasa,” Nyoman Asta. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN