Bencana- Bencana pohon tumbang yang diakibatkan oleh cuaca ekstrim karena hukan deras. Warga diminta untuk selalu waspada bencana alam. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Belakangan ini Kabupaten Karangasem dan sekitarnya terus diguyur hujan deras. Kondisi itu memicu banyaknya terjadi bencana alam. Melihat situasi tersebut, BPBD Karangasem menghimbau masyarakat supaya selalu berhati-hati dan waspada akan bencana alam yang datangnya tak bernah terduga.

Kalak BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, Minggu (16/1) kemarin mengungkapkan, kalau Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) mencatat Kabupaten Karangasem berada di urutan 93 dari 100 daerah rawan bencana di Indonesia yang memiliki risiko bencana sangat tinggi. Berbekal dari sana, pihaknya menghimbau bagi seluruh warga Karangasem agar tetap waspada bencana alam, terlebih saat ini cuaca masih tergolong ekstrem.

Baca juga:  Abrasi Landa Pesisir Tegal Besar, Ini yang Dilakukan BPBD

“Selain bencana tanah longsor, pohon tumbang yang juga mengancam sejumlah wikayah, bencana angin puting beliung juga berpotensi melanda Karangasem. Diantaranya Seraya dan Kubu sangat rentan terjadi bencana ini. Jadi, warga tetap waspada,” Ucapnya.

Arimbawa, menambahkan, bagi para nelayan juga dihimbau selaku mewaspadai cuaca ektrim. Pasalnya, gelombang tinggi di tengah laut, termasuk petir juga rentan terjadi bila terjadi hujan deras. “Jadi, sebelum turun melaut harus melihat cuaca. Agar tidak ada hal-hal yang diinginkan terjadi ketika melaut,” harapnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Pande Lisa Sabet 12 Emas dan Terbaik KU-2

 

BAGIKAN