Gubernur Wayan Koster. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada
Sabtu (15/1/2022), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Instruksi Gubernur Bali No. 01 Tahun 2022, Seluruh Masyarakat Bali Rayakan “Tumpek Uye”

DENPASAR, BALIPOST.com – Gubernur Bali, Wayan Koster mengeluarkan Instruksi Gubernur Bali Nomor 01 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Uye dengan Upacara Danu Kerthi sebagai Pelaksanaan Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi Dalam Bali Era Baru, Kamis (13/1). Instruksi ini ditujukan kepada pimpinan Lembaga Vertikal di Bali, Walikota/Bupati se-Bali, Bandesa Agung Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali, Bandesa Madya MDA desa adat kota/kabupaten se-Bali, Bandesa Alitan MDA kecamatan se-Bali, pimpinan lembaga pendidikan se-Bali, Perbekel dan Lurah se-Bali, Bandesa Adat atau sebutan lain se-Bali, pimpinan organisasi kemasyarakatan dan swasta se-Bali, dan seluruh masyarakat Bali.

Seluruhnya diminta melaksanakan perayaan Rahina Tumpek Uye dengan upacara Upacara Danu Kerthi sebagai pelaksanaan tata-titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal sad kerthi dalam Bali Era Baru. Instruksi ini juga mendorong semua pihak bersinergi secara gotong royong melaksanakan nilai-nilai adiluhung danu kerthi sesuai tata-titi kehidupan masyarakat Bali.

Baca juga:  Oknum Pejabat Pelindo Tersangka, Direskrimum Polda Bali Jelaskan Kasusnya

Selengkapnya baca di sini

2. Awal Januari, Sejumlah Pesawat Carter Internasional Mendarat di Bandara Ngurah Rai

MANGUPURA, BALIPOST.com – Di awal Januari 2022, sejumlah pesawat carter dari luar negeri mendarat di Bandara Ngurah Rai. Hal ini diungkapkan Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I, Taufan Yudisthira, Jumat (14/1).

Ia mengatakan ada lima pesawat carter dengan rute internasional yang mendarat di bandara. “Sejak tanggal 1-13 Januari 2022 ini, sudah ada lima pesawat dari luar negeri yang mendarat. Pesawat yang berhasil mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali itu semuanya merupakan carteran,” sebutnya.

Selengkapnya baca di sini

3. Diduga Nekat Nyeberang Saat Arus Deras, Ibu dan Anaknya Hanyut di Sungai Kali Baru

Baca juga:  Banyak Perda Belum Diimplementasi, Gubernur Dianggap Tak Sungguh-sungguh

SINGARAJA, BALIPOST.com – Dua warga Lingkungan Kali Baru, Banyuning, yang merupakan ibu dan anaknya dilaporkan hanyut terseret arus Sungai Kali Baru. Informasi terseretnya kedua warga ini pasca naiknya air sungai setelah Buleleng dilanda hujan deras pada Sabtu (15/1).

Kapolsek Kota Singaraja Kompol Dewa Darma Aryawan seizin Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto membenarkan menerima laporan doa korban hilang tersebut. Kompol Dewa Darma menjelaskan, berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan kedua korban itu, Ni Luh Wardani (48) dan anaknya Kadek Restini (9). Keduanya tinggal di Jalan Pulau Batam, Kayupas, Kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng.

Selengkapnya baca di sini

4. Setelah 10 Hari Nihil, Bali Laporkan Tambahan Korban Jiwa COVID-19

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali pada Sabtu (15/1), mencatatkan tambahan kasus COVID-19 lebih rendah dibandingkan sehari sebelumnya yang berjumlah 8 orang. Jumlahnya masih di 1 digit.

Kabar buruknya, setelah 10 hari melaporkan nihil, Bali pada hari ini mencatatkan tambahan korban jiwa karena penyakit ini. Pasien sembuh juga masih bertambah lebih sedikit dari kasus baru.

Baca juga:  Suzuki Ignis Diluncurkan di Bali

Selengkapnya baca di sini

5. Pembangunan Seribu Tangga Bahagia Masih Berlangsung, Galang Dana Terus Dilakukan

AMLAPURA, BALIPOST.com – Proses pembangunan seribu tangga bahagia dari pelataran Pura Bukit Kembar Kenusut menuju Pura Lempuyang Luhur, di Banjar Jumeneng, Desa Bukit, Karangasem masih terus berlangsung. Inisiator 1.000 Tangga Bahagia, I Putu Gede Mahendra Giri, Jumat (14/1), mengatakan untuk merampungkan masih diperlukan sejumlah material sehingga penggalangan dana terus dilakukan.

Dia menjelaskan, untuk penerangan dalam sepekan ini akan ada pengecekan lokasi untuk penerangan jalan dari PLN yang diperjuangkan oleh Wakil Bupati Karangasem. Saat ini, pihaknya masih membutuhkan lalan di aspal sepanjang 500 meter, railing tangga di 5 titik, lampu penerang jalan dan tangga, pelinggih dan tembok penyengker, termasuk penataan di Pura Pasar Agung, dan Bale pesandekan.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *