Longsor- Akses jalan rabat beton yang hubungkan antara Pemuteran menuju Keladian, Kecamatan Rendang tertutup material longsor, pada Selasa (11/1). (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Akses jalan rabat beton dari Pemuteran menuju Keladian, Kecamatan Rendang tertutup material longsor, pada Selasa (11/1). Akibat kejadian itu, akses lalu lintas warga setempat terganggu karena jalan tidak dapat dilewati oleh kendaraan roda empat.

Kepala BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, mengungkapkan, longsor terjadi karena wilayah setempat sempat diguyur hujan deras beberapa jam. Kondisi itu, membuat tebing menjadi labil, sehingga tergerus cukup banyak.

Baca juga:  Dua Desa Ini Masuk Top 100 Destinasi Berkelanjutan Dunia

“Penanganan belum bisa kita dilakukan karena material tanah longsor cukup banyak serta membutuhkan bantuan dari alat berat. Kalau dikerjakan secara manual jelas memakan waktu lama. Jalan hanya bisa dilalui pejalan kaki dan roda dua. Itu pun harus hati-hati,” ucapnya.

Selain di lokasi itu, longsor juga menutup jalan sekitar Dusun Pemuteran, Desa Pempatan, Kecamataan Rendang. Hanya saja, material longsoran hanya menutup sebagian jalan. “Untuk kendaraan roda dua dan empat sementara masih bisa melintas,” jelasnya.

Baca juga:  Tanah Longsor dan Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan di Gianyar

Dia menjelaskan, untuk akses jalan di Banjar Batu Gede, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat yang tertutup material batu besar ditangani secara gotong royong. Untuk batu besar diangkut menggunakan truk milik Dinas PUPR Karangasem. Jalan sudah bisa dilalui. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN