Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes panen mentimun di lahan awalnya tidak produktif wilayah Petang. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Panen progam Polisi Berkebun berlanjut di wilayah hukum Polsek Petang, tepatnya di Subak Abian Buana Sari, Banjar Belok, Desa Belok Sidan, Kamis (6/1). Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes mendapat bisikan dari Perbekel Belok Sidan jika ada kasus curanmor.

Menanggapi hal tersebut, AKBP Dedy menyampaikan tujuan lain program ini untuk menyerap informasi langsung dari masyarakat. Ada beberapa informasi yang diperoleh dan segera ditindaklanjuti. “Saya dapat informasi dari Bapak Perbekel ada kejadian pencurian motor di Desa Belok Sidan dan kami akan cek,” ujarnya.

Baca juga:  Cegah Kejahatan Jalanan, Ini Dilakukan Polres Badung

Terjadi kasus tersebut, kata Dedy, karena kunci motor nyantol. Menindaklanjuti kejadian ini, selain melakukan penyelidikan, pihaknya akan melakukan penyuluhan menciptakan rasa aman dari diri sendiri sehingga tidak sampai kunci motor nyantol.

Terkait panen mentimun di lahan tidur itu, Kapolres didampingi motivator dan dosen di Sespim Polri, Paulus Winarto dan Wakapolres Kompol I Ketut Dana. Dedy mengungkapkan, panen ini merupakan bentuk keseriusan Polres Badung bersama pihak terkait untuk mengubah lahan tidur menjadi produktif. “Kegiatan polisi berkebun ini merupakan kegiatan kepolisian preemtif dan preventif. Oleh karena itu setiap informasi yang didapat bisa dicegah sedini mungkin agar tidak terjadi gangguan yang nyata,” tegasnya.

Baca juga:  Sukmawati Mohon Maaf, DPR Minta Akhiri Pro-Kontra Puisi "Ibu Indonesia"

Digencarkannya program ini karena ada permasalahan dan kebutuhan di masyarakat. “Paling penting bagaimana kami merespon dengan cepat setiap informasi yang didapat,” kata Dedy.

Perwira lulusan Akpol 2002 mengatakan, dengan bentuk kegiatan ini pihaknya dapat melakukan deteksi dini. Misalnya ada potensi kerawanan pencurian dan segala macam, maka pihaknya akan meningkatkan patroli di lokasi tersebut. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *