Suasana Apel Operasi Lilin Agung di Lapangan Tanah Aron, Kamis (23/12). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Polres Karangasem mengerahkan ratusan personel untuk melakukan pengamanan serangkaian Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Hal itu diungkapkan Kapolres Karangasem, AKBP Rico A.A Taruna usai pelaksanaan apel Operasi Lilin Agung 2021 di Lapangan Tanah Aron, Amlapura, Kamis (23/12).

Rico mengungkapkan, dalam proses pengamanan Nataru, pihaknya bakal menerjunkan ratusan personel. Mulai dari Polri, TNI, instasi terkait serta komponen masyarakat. “Dalam pengamanan nanti, kita kerahkan sekitar 700 personil. Proses pengamanan akan dimulai pada 24 Desember sampai dengan 2 Januari 2022 mendatang,” ucapnya.

Baca juga:  DPR Setujui RUU Ratifikasi Konvensi Minamata

Menurut Rico proses pengamanan nantinya akan dilakukan di sejumlah titik. Diantaranya di pusat Kota Amlapura, tempat-tempat keramaian, tempat ibadah, serta pintu masuk dan keluar di Pelabuhan Padangbai.

Pihaknya juga telah menginstruksikan para Kapolsek mengecek tempat ibadah atau tempat lainnya yang bisa dijadikan sebagai lokasi untuk menimbulkan kerumunan atau keramaian. Bila nantinya tempat itu ramai sekali, pihaknya akan melakukan pembatasan 50 persen sesuai kapasitas dari tempat tersebut.

Baca juga:  Surat Keluhan Judi Sabung Ayam Viral, Polisi Langsung Lakukan Ini

Khusus untuk di Pelabuhan Padangbai, jelas Rico, pihaknya sudah berkoordinasi agar penumpang mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Sehingga, pihaknya mengetahui masyarakat yang belum divaksinasi covid-19. Termasuk, di pelabuhan juga disiapkan rapid tes antigen.

Sementara itu, Bupati Karangasem, I Gede Dana, menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Forkompimda terkait pengamanan Nataru ini. “Kita juga akan mengantisipasi tamu asing atau masyarakat dari luar Karangasem yang berkumpul ramai-ramai,” katanya.

Gede Dana, menambahkan, saat pergantian tahun. pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas secara berlebihan. “Kita ingin masyarakat dapat menikmati pergantian secara suka cita. Tapi, jangan berlebihan, cukup merayakan di rumah bersama dengan keluarga,” harapnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Pengamanan Pelabuhan Rakyat Tetap Diperketat
BAGIKAN