Luhut B. Pandjaitan. (BP/iah)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Senin (20/12), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Makin Banyak Negara Laporkan Omicron, Indonesia Tambah 3 Negara dalam Daftar Larangan Masuk

DENPASAR, BALIPOST.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan, Senin (20/12), mengatakan makin banyak negara yang sudah melaporkan temuan kasus Omicron. Tercatat sudah 90 negara, termasuk Indonesia, yang melaporkan kasus varian baru COVID-19 ini.

Respons penanganan dikatakan Luhut, dalam keterangan virtual yang ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, masih cukup bagus. Ia pun menyampaikan pemerintah akan menambah daftar negara yang dilarang masuk untuk mencegah meluasnya penyebaran Omicron.

Selengkapnya baca di sini

Baca juga:  Dari Wacana Tolak Turis “Backpacker” akan Rugikan Bali hingga PPKM Berlanjut

2. Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Diterpa Isu Diganti, Dukungan Menolak Pencopotan Mengalir

DENPASAR, BALIPOST.com – Sejak Sabtu (18/12), isu terkait pencopotan Dirjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto santer beredar di media sosial dan WhatsApp group. Dukungan untuk menolak pencopotan Tri Handoko pun mengalir dari sejumlah organisasi Hindu.

Salah satunya, sebuah pernyataan sikap yang dikirimkan DPP Persadha Nusantara kepada Presiden Joko Widodo. Dalam salinan pernyataan sikap yang diterima Senin (20/12), Ketua Harian DPP Pergerakan Sanatana Dharma Nusantara (Persadha Nusantara), Dr. Ir. Wayan Jondra, M.Si, mengatakan bahwa adanya isu ini menambah ricuh dan gaduh internal umat Hindu di Indonesia.

Selengkapnya baca di sini

3. Kabar Duka, Seniman Drama Gong A.A Rai Kalam Meninggal

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Seorang seniman drama gong yang sangat populer di era 60-an A.A Gede Rai Kalam, meninggal Senin (20/12). Kabar duka ini langsung menyebar, setelah ia menghembuskan nafas terakhirnya di rumah duka di Puri Satria Kawan, Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Klungkung.

Baca juga:  Ramainya Bali Hanya Sesaat, Pemulihan Pariwisata Perlu Waktu

Kepergian seniman legendaris ini mengejutkan masyarakat Bali, khususnya para penggemarnya  setelah lama dikabarkan menderita sakit sesak nafas dan diabetes. Seluruh anak dan keluarganya nampak sudah berkumpul di rumah duka di Puri Satria Kawan.

Selengkapnya baca di sini

4. Ritual Mistis di Eks Kawasan Taman Festival Padanggalak Dibubarkan

DENPASAR, BALIPOST.com – Kegiatan ritual mistis digelar sebuah perkumpulan (paguyuban) di Pura Melanting yang berlokasi di eks Kawasan Taman Festival Padanggalak. Kegiatan tak berizin ini pun dibubarkan Desa Adat Kesiman.

Dalam postingan yang beredar luas di media sosial terlihat ritual menggunakan watangan matah yang ditutupi kain putih yang dirajah. Dimintai konfirmasi terkait hal ini, Bendesa Adat Kesiman, Jro Ketut Wisna, mengatakan, ritual tersebut dilakukan salah satu perkumpulan di Bali dan tidak ada melibatkan krama Kesiman.

Baca juga:  Umat Diminta Waspadai Curanmor saat Melasti

Selengkapnya baca di sini

5. Sehari 30 Ribu Wisdom Masuk, Bali Diminta Bersiap Hadapi Meningkatnya Kunjungan Akhir Tahun

JAKARTA, BALIPOST.com – Tingkat kunjungan ke Bali pada beberapa pekan terakhir mulai mengalami peningkatan. Bahkan diprediksi jumlahnya akan bertambah saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dikutip dari Kantor Berita Antara, mengatakan data yang diterimanya terdapat 30 ribu wisatawan domestik (wisdom) tiba di Bali per hari.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *