Seorang warga Desa Adat Sumita sedang mengerjakan ukiran. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Kabupaten Gianyar terkenal akan seni dan budayanya. Seperti seni ukir yang dilakoni sebagian besar masyarakat Desa Adat Sumita, Gianyar. Sebagian besar warga Desa Adat Sumita menggeluti kerajinan ukir kayu dan kerajinan sulaman bambu.

Desa Sumita hingga kini terkenal dengan kerajinan ukiran kayu. Bahkan sebagian besar warganya menggeluti kerajinan ukir di masing-masing rumahnya selain mereka hidup sebagai petani.

Berbagai jenis ukiran khususnya stil Bali dilakoni para seniman di desa yang ada dekat dengan kota Gianyar seperti seni ukir pintu kuadi, jendela, sake, parba piasan, parbe bale, lambang, bungan cincang, sanggah wang, kencur, ring-ring, sineb, temesir, gigin barong, kolong, payas kolong, jempana, sake, mateng/lambang, imas/dedeleg dan sejumlah ukiran kayu lainnya.

Bandesa Desa Adat Sumita, I Gede Putra menjelaskan warga Desa Adat Sumita terdiri dari enam banjar adat yakni  Banjar Adat Melayang, Banjar Silih, Banjar Tengah,  Banjar Pande, Banjar Sema dan Banjar Mulung. Desa Adat Sumita hingga kini 550 KK. Di mana mata pencarian sebagian besar sebagai petani. Namun juga sebagai tukang ukir.

Baca juga:  Desa Adat Jungut Batu Rancang Program Ringankan Beban Krama

“Sebagian besar warga kami sebagai petani, usai bertani mereka melakoni sebagai tukang ukir. Masing-masing rumah ada saja kerajinan ukir,” kata Bandesa Adat Sumita. Dikatakan sebagian besar warga yang mengukir itu menerima orderan dan dikerjakan di rumah masing-masing.

Namun juga banyak yang memiliki show room di pinggir jalan untuk menjajakan barang kerajinan mereka. Kerajinan ukiran yang biasa dikerjakan para pengerajin ukiran Desa Sumita yakni ukiran bangunan bale (styile) Bali. Pintu ukir, jendela ukir, sake, parba piasan, parbe bale, lambang, bungan cincang, sanggah wang, kencur, ring-ing, sineb, temesir, gigin barong, kolong, payas kolong, jempana, sake, mateng/lambang, limas/dedeleg dan sejumlah ukiran lainnya.

Baca juga:  PRG Cup 1 Ditutup, Ini Pemenangnya

Bandesa Adat Sumita menambahkan, bila ada orderan membludak, para juru ukir bekerja sama dengan tukang ukir lainnya untuk memasuh barang pesanan kepada tukang ukir lainnya. Ia memiliki satu show room di pinggir dan memiliki tiga orang tenaga kerja tukang ukir.

Dimana sebagian besar orderan dari perorangan/pribadi, ada juga kelompok, seka terutama untuk pembangunan pura. Di masa pandemi Covid-19 sekitar dua tahun ini, orderan dan permintaan akan kerajinan ukiran sangat merosot.

Disinggung soal potensi Desa Adat Sumita? Ia mengaku ada candi tebing yang ada ditebing Sungai Petanu, namun masih digarap. Di mana akses jalan setapak hanya baru bisa dilalui sepeda motor, lokasi belum tertata. Ke depan direncanakan candi tebing akan digarap menjadi objek wisata. Mengingat tempat ini memiliki sejarah peninggalan Kebo Iwa, pihaknya juga berharap ada perhatian dari Pemkab Gianyar sehingga peninggalan bersejarah ini bisa dijadikan objek wisata.

Baca juga:  Akselerasi Pertumbuhan Ekosistem Startup, Bali Startup Summit Digelar

Mengenai bantuan Pemprov Bali tahun 2020/2021? Bandesa Adat Sumita mengaku bantuan tersebut sudah dicairkan. Bantuan tersebut dialokasikan sesuai petunjuk pemerintah baik untuk penanganan Covid-19, pembelian perlengkapan penanganan, penyemprotan, bantuan sembako dan lainnya. Bantuan BKK desa adat Rp 300 juta  tahun 2020 dipergunakan untuk pembangunan Gelung Kori Pura Bale Agung, untuk pelatihan srati, pasraman dan bantuan untuk warga.

Ditambahkan, Desa Adat Sumita mengempon sejumlah pura yakni Pura Puseh Desa Sumita, Pura Puseg di Banjar Adat Melayang, Pura Dalem di Sumita, Pura Bale Agung di Sumita serta Pura Sad Kahyangan Manik Corong di Sumita,  Pura Masceti di Sumita serta Pura Gunung Merta. (kmb/balipost)

BAGIKAN