Rugby-Bupati Karangasem I Gede Dana saat membuka Kejuaraan Bali Rugby Opener Vestival 2021 dilaksanakan di Lapangan Yowana Wijaya, Kabupaten Karangasem, pada Minggu (19/12). (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kejuaraan Bali Rugby Opener Festival 2021 dilaksanakan di Lapangan Yowana Wijaya, Kabupaten Karangasem, pada Minggu (19/12). Kejuaraan yang pertama kali dilakukan dibuka langsung Bupati Karangasem I Gede Dana, diikuti atlet dari seluruh kabupaten/kota di Bali, termasuk DKI Jakarta.

Ketua Umum Pengurus Persatuan Rugby Union Indonesia (Prui) Karangasem, I Nengah Sudana Wiryawan, mengungkapkan, kejuaraan ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Karangasem. Karena olahraga ini tergolong baru di Karangasem. Sebab, baru beberapa bulan terakhir pihaknya mencetak atlet-atlet rugby tersebut.

Baca juga:  Lima Pebasket Putri Bali Lolos Seleknas

“Kegiatan ini diikut oleh atlet dari semua Kabupaten/Kota di Bali. Termasuk juga melibatkan para atlet yang sebelumnya tampil di PON Papua belum lama ini. Yang paling membanggakan, ada atlet dari DKI Jakarta yang ikut berpartisifasi dalam kejuaraan kali ini. Ini sangat luar biasa,” ucapnya.

Sudana Wiryawan menambahkan, pihaknya berharap, lewat kejuaraaan ini mampu menarik simpati anak muda Karangasem dan Bali untuk mau menjadi atlet rugby. “Kita harap, dengan kegiatan ini dapat mengembangkan kemampuan generasi muda untuk menjadi atlet rugby,” katanya.

Baca juga:  Dana Tali Kasih Atlet PON Bali Cair, Ini Jumlahnya

Ketua Umum Prui Bali, I Made Erawan menambahkan, kalau saat ini semua Kabupaten/Kota di Bali telah memiliki atlet rugby. Untuk itu, pihaknya meminta kedepan setiap Kabupaten mampu membuat program yang jelas untuk kemajuan cabor rugby ini. “Dengan program itu, nantinya muncul bibit-bibit atlet yang bisa dipersiapkan ke Porprov 2022,” Katanya.

Sementara itu, Bupati Karangasem, I Gede Dana, menjelaskan, pihaknya sangat mendukung sekali kegiatan ini. Rugby ini tergolong olahraga baru di Karangasem. Jadi, kedepannya harus terus dilakukan pembinaan secara serius, agar olahraga ini disenangi dan digemari oleh anak muda di Karangasem. “Kita harap, kedepan atket rugby semakin banyak setelah kegiatan ini,” katanya.

Baca juga:  Radikalisme Embrio Lahirnya Terorisme

Bahkan, untuk mengembangkan olahraga ini, pihaknya telah mendorong Disdikpora untuk mensosialisasikan olahraga rugby ini ke sekolah sekolah SD sampai SMA/SMK di Karangasem. “Nanti kasek atau guru olahraga di Karangasem bisa diundang untuk diberikan sosialisasi terkait rugby ini. Sehingga, kedepan rugby ini semakin diminati oleh anak muda,” harapnya. (Eka Prananda/Balipost).

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *