dr. Ketut Suarjaya. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan masuknya virus corona varian Omicron di Indonesia pada Kamis (16/12). Menurut Menkes, kasus Omicron pertama di Indonesia ini merupakan seorang pekerja pembersih di RS Darurat (RSD) Wisma Atlet.

Adanya varian Omicron ini pun menyebabkan Bali melakukan antisipasi. Kepala Dinas Kesehatan Bali, dr Ketut Suarjaya, dihubungi Kamis mengatakan pihaknya belum menedeteksi varian Omicron ini. Kata dia, temuan Omicron di Indonesia akan menjadi antisipasi ke depannya. “Sampai saat ini, belum ada info sudah terdeteksi di Bali,” katanya.

Baca juga:  Indonesia Lampaui 2 Juta Kasus COVID-19, Tambahan Harian Pecahkan Rekor

Untuk antisipasi, ia mengatakan pengawasan di semua pintu masuk akan dilakukan. Terutama,  pengawasan berkaitan dengan protokol untuk perjalanan darat maupun udara. “Pengawasan di pintu masuk akan kami perketat,” ucapnya.

Sementara itu, untuk setiap RS rujukan COVID-19, akan tetap disiagakan, baik itu obat-obatan penunjang, sumber daya manusianya, oksigen, termasuk juga memaksimalkan jumlah tempat tidur. “RS akan tetap siaga, baik itu SDM, obat, oksigen, tempat tidur, semua sudah siaga,” bebernya.

Baca juga:  Kasus COVID-19 Baru Nasional Bertambah Lampaui Pasien Sembuh

Pihaknya juga kembali mengingatkan agar masyarakat selalu taat pada protokol kesehatan. Karena, dengan selalu taat pada prokes akan bisa melindungi diri sendiri maupun melindungi orang lain. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *