Wabup Kasta meninjau lokasi bencana di Nusa Penida. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Cuaca ekstrem nampaknya belum berakhir. Hujan lebat disertai angin kencang masih sering terjadi, khususnya di wilayah Kepulauan Nusa Penida.

Wakil Bupati Klungkung Made Kasta turun langsung ke Nusa Penida, Jumat (10/12) untuk meninjau dampak bencana. Wabup mengingatkan warga setempat agar mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana, baik karena angin kencang maupun pohon tumbang.

Sebelumnya pohon bunut yang berada di sebelah rumah Komang Budiarta di Dusun Kutampi Desa Kutampi Kaler, tumbang. Akibat dari peristiwa ini rumahnya mengalami kerusakan cukup parah.

Saat ini, Komang Budiarta bersama anak dan istrinya mengungsi dirumah keluarganya dan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. BPBD Klungkung juga sudah turun untuk mengevakuasi pohon tersebut.

Baca juga:  Kader Posyandu Baturiti Diajarkan Cara Mengolah Tanaman Obat

Selain itu, warga lainnya seperti Ni Made Suma (67) di Banjar Karangsari, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, juga terdampak tahan longsor tersebut diakibatkan oleh guyuran hujan yang melanda Nusa Penida beberapa waktu lalu. Akibatnya atap rumah milik Ni Made Suma mengalami kerusakan, beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kepada warga yang terkena musibah akibat tanah longsor dan pohon tumbang, Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta yang juga selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Klungkung menyerahkan bantuan paket sembako kepada korban. Setelah menyerahkan bantuan dikediaman rumah Ni Made Suma (67), Wabup Kasta bersama tim dari PMI Klungkung juga menyerahkan bantuan kepada I Komang Budiarta (41).

Baca juga:  Larangan Mudik Berakhir, Pergerakan Penumpang Transportasi Publik Melonjak

Wabup Kasta merasa prihatin kepada warganya setelah melihat kejadian langsung di lapangan. Wabup Kasta tidak henti-hentinya meminta agar seluruh masyarakat tetap waspada menjaga keselamatan mengingat belakangan ini cuaca sering terjadi hujan, terutama warga yang berada di pelosok-pelosok.

Pihaknya juga menugaskan dinas terkait agar segera bisa menindaklanjuti musibah ini ke depan. “Tetap jaga kewaspadaan dan selalu berhati-hati, cuaca belakang ini sangat ekstrem. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan,” harap Wabup Kasta didampingi Camat Nusa Penida I Komang Widiyasa Putra.

Baca juga:  Kasus "Skimming", Dua WNA Bulgaria Dijerat UU ITE

Sementara, Ni Made Suma (67) menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Klungkung yang sudah turun melihat kondisi rumahnya dan memberikan bantuan. Ia berharap semoga musibah seperti ini tidak terjadi lagi. Ia juga menyampaikan melakukan langkah-langkah pencegahan dengan pemangkasan pohon di sekitarnya. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN