Bupati Suwirta meninjau JUT yang diresmikan pada Jumat (10/12). (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kabupaten Klungkung cukup fokus dalam membangun pertanian. Dinas Pertanian setempat tahun ini merampungkan sejumlah jalan usaha tani (JUT).

Dengan rampungnya JUT ini, menurut Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, bisa mempermudah akses ke areal pertanian. Sejumlah JUT ini diresmikan serentak pada Jumat (10/12).

Pembangunan JUT menggunakan dana alokasi khusus (DAK) ini, yakni di Subak Dlod Bakas sepanjang 1.270 meter dengan senilai Rp 254.000.000, Subak Aan Dauh Desa sepanjang 1.000 meter dengan nilai Rp 200.000.000, Subak Penasan sepanjang 900 meter senilai 180.000.000 dan Subak Takmung sepanjang 1.200 meter dengan nilai Rp 240.000.000.

Baca juga:  Upacara Manusa Yadnya Massal di Klungkung Diikuti Ratusan Warga

Sementara di Subak Timuhun dengan panjang 302 meter dan senilai Rp 105.000.000 dibangun dengan dana APBD Kabupaten. “Pembangunan JUT telah selesai dan telah diresmikan. Semoga sarana infrastruktur ini dapat memberikan manfaat peningkatan produksi dan kesejahteraan kepada petani. Ini harus dirawat dengan baik karena uang pembangunannya tidak mudah didapatkan pemerintah daerah,” ujar Bupati Suwirta.

Ia juga mengingatkan kepada desa maupun OPD untuk mempercepat serapan anggaran dan kegiatan fisik di awal tahun. sehingga kegiatan di akhir tahun akan lebih sedikit.

Baca juga:  Bicara di Kemenaker, Bupati Suwirta Minta Disabilitas Jangan Dianggap Beban

Sementara itu Kadis Pertanian, IB Juanida mengatakan pembangunan jalan usaha tani adalah akses infrastruktur yang dibangun untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Akses jangkauan petani untuk mendistribusikan hasil pertanian mereka juga semakin mudah. Jalan pertanian akan memutus biaya produksi yang besar dan memberi banyak manfaat untuk petani. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN