Nelayan -Nelayan saat datang dari melaut menangkap ikan. Rencananya Pemkab Karangasem bakal membangun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di tahun 2022. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Karangasem berencana membangun tempat pelelangan ikan (TPI) di Karangasem. Pembangunan TPI ini, untuk menstabilkan harga jual ikan hasil tangkapan dari nelayan.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, mengungkapkan, kalau Pemkab Karangasem berencana membangun tiga TPI di Karangasem. Khusus pada tahun 2022 kemungkinan akan dibangun satu TPI. “Untuk pembangunannya dilakukan secara bertahap, yakni mulai dari tahun 2022,” ucapnya.

Baca juga:  Harga Fluktuatif, Pedagang Rugi Jual Cabai

Gede Dana menambahkan, terkait pembangunan TPI, terlebih dahulu akan dilakukan kajian oleh Bapeda dan mengandeng akademisi serta memetakan wilayah hasil tangkapan tinggi dari nelayan. Seperti, Kecamatan Kubu, Kecamatan Abang, Kecamatan Karangasem, Kecamatan Manggis. “Empat Kecamatan ini memiliki pesisir pantai luas dan kelompok nelayan yang lumayan banyak,” katanya.

Menurut Gede Dana, pihaknya berharap dengan dibangunnya TPI ini, maka harga tangkapan nelayan bisa tetap stabil. Meskipun ketika paceklik harga ikan tetap stabil, begitu juga saat tangkapan ikan melimpah. Dan selama ini, hasil tangkapan ikan dari nelayan sendiri biasanya di bawa ke Kusamba, Klungkung. “Kita harap dengan dibangunnya TPI ini, nilai tawar nelayan serta harga tangkapan bisa mengalami peningkatan. Karena selama ini, ketika hasil tangkapan nelayan ditawar murah,” tandasnya. (Eka Prananda/Balipost).

Baca juga:  Diskominfos Bali Kembali Catat Hoax dan Disinformasi

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *