Personel bersenjata lengkap melakukan penjagaan di Pelabuhan Padangbai. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Menjelang Natal dan tahun baru (Nataru) 2021, Polres Karangasem memperketat pengamanan di pintu masuk dan keluar di Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Pengamanan melibatkan puluhan personel bersenjata lengkap dan anjing pelacak.

Kapolres Karangasem AKBP Rico A.A Taruna, Minggu (5/12), mengungkapkan, dalam proses pengamanan ini melihatkan personel gabungan. Pihaknya menerjunkan puluhan personil dengan senjata lengkap. “Dalam pengamanan ini juga, kita bawa satu anjing pelacak,” ucapnya.

Baca juga:  Songsong Nataru, Ini Pengamanan yang Dipersiapkan Polres

Rico, menambahkan, dalam pengamanan ini, pihaknya melakukan pengecekan terhadap semua calon penumpang yang hendak ke luar Bali maupun masuk ke Bali dari Pelabuhan Lembar NTB. Mulai dari melakukan identitas, surat-surat kendaraan bermotor, serta barang bawaan memakai alat metal detektor.

“Selain itu, kita juga melakukan pemeriksaan terkait protokol kesehatan. Mulai dari pemeriksaan surat tes antigen dan surat vaksin. Dan kita juga mengawasi agar semua penumpang tertib prokes, salah satunya memakai masker karena masih dalam situasi pandemi COVID-19,” katanya.

Baca juga:  Terduga Teroris Ditembak Mati, Gegana dan Inafis Sisir Mabes Polri

Dia menjelaskan, selain melakukan pengamanan di pelabuhan, pihaknya juga bakal melakukan pengawasan di tempat-tempat vital yang ada di Karangasem, yakni objek-objek wisata. “Ini kita lakukan karena akan diterapkan PPKM Level III nantinya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Karangasem, Gede Dana mengatakan, pihaknya juga bakal melibatkan petugas dari OPD terkait untuk melakukan penjagaan di Pelabuhan Padangbai saat Nataru. “Kita akan libatkan Dinas Perhubungan dan Satpol PP melakukan pengaman di Pelabuhan. Sehingga pelaksanaan Nataru nanti berjalan dengan aman dan lancar,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Sepi, Aktivitas Penyeberangan di Pelabuhan Padangbai
BAGIKAN