Bupati Badung Nyoman Giri Prasta ramah tamah bersama Semeton Puri Angantaka di Puri Angantaka, Desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal, Rabu (17/11) malam. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri acara magendu wirasa/ramah tamah bersama Semeton Puri Angantaka di Puri Angantaka, Desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal, Rabu (17/11) malam. Orang nomor satu di Gumi Keris ini mengajak krama Angantaka untuk tetap bersatu membangun Desa Angantaka dan Kabupaten Badung.

“Saya mengajak krama Angantaka bersatu. Ada pepatah mengatakan, kalau kita bersatu setengah perjuangan berhasil. Kalau tidak bersatu, setengah perjuangan gagal, bersatu nggih,” tegasnya.

Ramah tamah tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Badung I Made Ponda Wirawan, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa beserta Tripika Kecamatan, serta tokoh masyarakat setempat.

Lebih lanjut Bupati akan berupaya menuntaskan pembangunan yang ada di Desa Angantaka, baik pembangunan fisik maupun non fisik. Seperti menuntaskan pembangunan di Pura Kahyangan Tiga, mewujudkan program TPS 3R, termasuk pelestarian Geria dan Puri.

Baca juga:  Sejumlah Satpam Terancam Kehilangan Pekerjaan, Ini Penjelasan AP 1 Soal Tato dan Tindik

Untuk itu Bupati meminta kepada Perbekel Angantaka agar merangkul seluruh masyarakat. “Permasalahan saat Pilkel agar ditutup, mari saling rangkul. Saling sagilik, saguluk, salunglung sabayantaka, nyujur krama Angantaka gemah ripah loh jinawi,” jelasnya.

Disisi lain, Giri Prasta akan membuat dharma duta di masing-masing Desa Adat. Dharma duta ini nantinya yang akan memberikan pemahaman serta mensosialisasikan tentang panca yadnya.

Sehingga masyarakat yang melaksanakan yadnya telah sesuai dengan sastra-sastra agama dan lontar yang ada. “Kami ingin masyarakat badung menjadi tuan di rumah sendiri. Yang kita butuhkan di Badung sekarang adalah dharma duta. PHDI sudah kami minta merumuskan dan saya mengambil kebijakan dharma duta di masing-masing desa adat. Agar sima lan dresta tetap berjalan. Tujuan saya hanya satu, mengajak masyarakat membuat jembatan emas yang akan dinikmati bagi anak cucu kita,” imbuhnya.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Terima Audiensi Panitia Natal 2021

Penglingsir Puri Angantaka A.A. Ngurah Oka Swastika, merasa bahagia atas kehadiran Bupati Badung di Puri Angantaka untuk diajak megendu wirasa. Oka mengakui kepemimpinan Bupati Giri Prasta bersama Wabup Ketut Suiasa telah menghasilkan program dan kebijakan yang sudah dirasakan masyarakat.

“Kami atas nama semeton Puri Angantaka berterima kasih kepada Bapak Bupati telah banyak membantu pembangunan di Desa Angantaka, termasuk di Puri Angantaka. Ke depan kami tetap mohon dukungan Bupati agar apa yang menjadi rencana pembangunan di Angantaka dapat terlaksana dengan baik, salah satunya akan digelar Karya Ngaben Massal di tahun 2022 nanti, mohon dibantu demi meringankan beban masyarakat,” pintanya.

Baca juga:  5 Warga Werdi Bhuwana Transmisi Lokal, Badung akan Lakukan Rapid Test Warga Banjar Sayan Baleran

Hal senada juga disampaikan Perbekel Angantaka AA. Gede Eka Surya. Ia berterima kasih kepada masyarakat yang kembali mempercayainya sebagai Perbekel Angantaka. “Perbedaan yang telah lalu ditutup dulu, mulai sekarang mari menyatukan hati membangun desa Angantaka untuk kesejahteraan masyarakat,” ajaknya.

Untuk mewujudkan pembangunan di Desa Angantaka, Surya telah merancang beberapa program desa dengan skala prioritas bersinergi dengan program kabupaten badung. “Kami telah memprioritaskan program pembangunan TPS 3R di tahun 2022 bisa diwujudkan, karena lahan sudah ada. Selain itu kami akan mewujudkan desa agrowisata, dan desa berbasis IT. Wifi Badung yang terpasang di banjar akan ditarik ke rumah-rumah warga, penguatan BUMDes dan UMKM. Mohon dukungan bupati dan DPRD supaya program tersebut dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *