Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (tengah). (BP/Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Selasa (19/10), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Inmendagri No. 53 Tahun 2021 Berlaku, Bali Jalani PPKM Level 2

DENPASAR, BALIPOST.com – Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, Level 2, Level 1 COVID-19 di Jawa dan Bali mulai berlaku Selasa (19/10) hingga Senin (1/10). Dalam Inmendagri terbaru yang mengatur pelaksanaan PPKM di area Jawa-Bali, sembilan kabupaten/kota di Bali menjalani PPKM Level 2.

Disebutkan dalam instruksi yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian itu, Jembrana, Tabanan, Badung, Denpasar, Gianyar, Bangli, Klungkung, Karangasem, dan Buleleng menjalani PPKM Level 2. “Bali level 2,” kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Bali, Made Rentin terkait diterbitkannya Inmendagri terbaru ini.

Baca juga:  Oksigen Konsetrator Bantuan India Sudah Mulai Digunakan di RSUP Sanglah

Selengkapnya baca di sini

2. Dipastikan Mandek Lagi, Pembebasan Lahan Jalur Lingkar Selatan Badung di 2022

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pandemi COVID-19 menjadi tameng bagi tertundanya sejumlah program di Kabupaten Badung. Sebut saja rencana pembangunan gedung sekolah, program bantuan sosial, program seragam gratis dan kini pembebasan lahan proyek Jalan Lingkar Selatan (JLS) yang dipastikan mandek lagi di 2022.

Pembebasan lahan dari Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) JLS tersebut tak dapat dilakukan tahun depan karena Badung berdalih APBD tahun anggaran 2022 akan difokuskan pada penanggulangan pandemi COVID-19. Padahal, di 2022 proyek ini rencananya sudah masuk dalam tahapan tender fisik.

Selengkapnya baca di sini

Baca juga:  Wisman Keluhkan Sampah Plastik di Pura Lempuyang

3. Dibanding Sehari Sebelumnya, Tambahan Kasus COVID-19 Bali Naik Lebih dari 2 Kali Lipat

DENPASAR, BALIPOST.com – Tambahan kasus COVID-19 pada Selasa (19/10) mengalami kenaikan lebih dari 2 kali lipat dibandingkan sehari sebelumnya. Pada Senin, jumlah kasus baru yang dilaporkan Bali mencapai 21 orang.

Sementara itu, tambahan pasien sembuh masih ada di 2 digit. Tapi, pada hari ini tercatat lebih sedikit dari jumlah kasus baru.

Selengkapnya baca di sini

4. Tak Cuma Penerbangan, Perjalanan Internasional ke Bali Gunakan Cruise dan Yacht Juga Dibuka

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali kini menjalani pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2. Kebijakan yang tertuang dalam Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 53 Tahun 2021 ini berlaku mulai Selasa (19/10) hingga Senin (1/11).

Di Inmendagri itu, pintu masuk perjalanan penumpang internasional ke Bali ditambah. Tak cuma pintu masuk udara, yakni lewat Bandara I Gusti Ngurah Rai, yang dibuka. Pintu masuk perjalanan lewat laut dengan menggunakan kapal cruise dan yacht juga dibuka.

Baca juga:  COVID-19, Ini Kebijakan Sejumlah Perguruan Tinggi di Bali

Selengkapnya baca di sini

5. Menteri Risma Menyayangkan, Puluhan Ribu KPM di Bali Belum Terima Dana Bansos

MANGUPURA, BALIPOST.com – Selama bulan Juli-September, 75.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Bali, belum menerima dana pencairan. Total nilainya sekitar Rp 450 miliar.

Terkait hal itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini menyayangkan. Sebab, kondisi ini akan berpengaruh terhadap pemulihan perekonomian. “Ini angka yang luar biasa. Kalau ini bisa kita cairkan, akan sangat membantu pergerakan roda ekonomi,” kata Mensos saat evaluasi penyaluran bansos di Kuta, Selasa (19/10).

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN