Isoter -Petugas saat mengawasi warga yang menjalani isoter. Mengingat kasus positif terus menurun, isoter diarahkan ke desa. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Karangasem setiap harinya mengalami penurunan yang cukup signifikan. Melihat kasus semakin sedikit, kini masyarakat yang positif covid-19 diarahkan untuk melakukan isolasi terpusat (isoter) di desa.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, Kamis (14/10), mengungkapkan, belakangan ini jumlah kasus warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 terus mengalami penurunan yang cukup signifikan. Bahkan, per Rabu tidak ada warga yang terkena Covid-19. “Kemarin zero Covid-19 di Karangasem. Untuk warga yang sembuh ada satu orang,” ucapnya.

Baca juga:  Tiga Hari Berturut-turut, Tambahan Kasus COVID-19 Nasional di Atas 5.000

Gede Dana, menambahkan, untuk saat ini jumlah warga yang menjalani isolasi terpusat (isoter) yang disiapkan oleh pemerintah hanya terisi empat orang. Yakni, tiga dari Abang dan satu dari Manggis. “Kini keempatnya masih menjalani perawatan selama beberapa hari kedepan,” katanya.

Dia menjelaskan, dengan terus menurunnya warga yang dinyatakan positif Covid-19, membuat pihaknya kini mengarahkan isoter di tingkat desa. Bila ada warga yang dinyatakan positif, bisa disiapkan tempat kosong oleh petugas. Atau bila ada dalam satu keluarga, ada seorang yang positif pihak keluarga lain yang sehat bisa sementara nebang di rumah kerabat. “Jadi, yang positif ini diam dirumahnya, warga lain yang sehat bisa nunpang di keluarga terdekat,” jelasnya.

Baca juga:  Ini Penegasan Gubernur Koster, Soal Satgas GR COVID-19 Bisa Himpun Dana Masyarakat

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya berharap kasus positif Covid-19 ini terus menurun kedepannya. Bahkan, dari laporan yang diterima pelaksanaan PTM berjalan dengan baik tidak ada masalah. Sebab, siswa maupun guru sudah melaksanakan protokol kesehatan selama proses belajar mengajar berlangsung. “Semoga terus berjalan aman, tidak ada klaster sekolah. Sehingga PTM terus bisa dilaksanakan,” tegas Gede Dana. (Eka Prananda/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *