Petugas mengawasi pelaksanaan prokes di salah satu lokasi wisata. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kunjungan wisatawan domestik (wisdom) ke Bali terus meningkat. Meski kasus COVID-19 sudah landai, polisi tetap melakukan pengawasan aktivitas karyawan dan tamu hotel, khususnya penerapan prokes.

“Kami harapkan siapapun harus taat prokes. Kita tahu kasus COVID-19 memang terus turun tapi mari sama-sama antisipasi jangan naik lagi dengan cara patuh prokes,” kata Kasi Humas Polresta Denpasar Iptu Ketut Sukadi, Selasa (12/10).

Menurut Iptu Sukadi, anggota Satpolairud Polresta Denpasar bersama tim ATV Polda Bali melakukan pemantauan aktivitas hotel di kawasan pantai Nusa Dua, Kuta Selatan. Petugas melakukan dialog dengan karyawan hotel maupun pengunjung, memberikan imbauan agar selalu mengikuti prokes COVID-19. “Imbauan jaga jarak, cuci tangan dan selalu pakai masker dengan benar terus dilaksanakan. Tujuannya agar masyarakat selalu ingat bahwa masih pandemi COVID-19,” ucapnya.

Baca juga:  Puluhan Ribu Dosis Vaksin Moderna Tiba di Bali

Selain soal prokes, polisi juga mengimbau warga ikut menjaga kamtibmas di pantai. Sukadi mengatakan Polresta dan jajarannya tidak bosan-bosannya mendisiplinkan pelaksanaan prokes.

Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia mengatakan, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) efektif menurunkan kasus virus Corona di Indonesia termasuk Bali. “Walau melandai, tapi kita harus tetap waspada mengingat dinamika kasus yang masih terjadi di berbagai wilayah dan negara lainnya,” tegas Mayor Bagus.

Baca juga:  KPU Denpasar Coret Seribuan Pemilih

Menurut Bagus, rumah sebagai tempat tinggal bersama keluarga merupakan salah satu potensi sumber penularan virus Corona. Pasalnya tidak menutup kemungkinan, anggota keluarga datang dari bepergian membawa virusnya ke dalam rumah.

“Kepada seluruh anggota keluarga ditekankan harus tetap hati-hati karena COVID-19 belum hilang. Bahkan bisa mengganas jika kita abai atau lalai menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ucap Bagus.

Baca juga:  Gelombang COVID-19 Landa Asia Pasifik, Rusia Kembali Berlakukan Penguncian

Keberhasilan atau membaiknya kondisi saat ini ditentukan beberapa hal, antara lain yaitu ketaatan pada penerapan prokes, program vaksinasi yang semakin masif dan gencar sehingga mempercepat terwujudnya herd immunity. Selain itu pelaksanaan isolasi terpusat bagi mereka yang terkonfirmasi COVID-19 sehingga tidak menimbulkan penularan. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *