Ilustrasi. (BP/Istimewa)

JAYAPURA, BALIPOST.com – Kluster COVID-19 dalam ajang PON XX di Papua bertambah. Tercatat hingga Kamis (7/10) jumlah atlet, ofisial dan panitia pelaksana PON XX yang positif COVID-19 bertambah di empat kluster lokasi pertandingan.

Data yang dikutip dari Kantor Berita Antara, penambahan kasus COVID-19 terjadi di Kota Jayapura yang menjadi 15 kasus, Kabupaten Jayapura delapan kasus dan Kabupaten Merauke empat kasus. Sedangkan di Kabupaten Mimika masih tercatat 13 kasus. Total ada 40 kasus COVID-19 ditemukan.

Baca juga:  Wajib Lakukan 3M dan Hindari 3R

Kepala Dinas Kota Jayapura dr. Nyoman Antari mengaku hingga Kamis pagi (7/10) tercatat 15 orang, baik itu atlet maupun ofisial yang positif COVID-19. Satu orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

Para atlet dan ofisial peserta PON XX yang positif ada yang dirawat di RS Provita dan menjalani isolasi terpusat terapung di KM Tidar. “Rata-rata mereka tanpa gejala dan kalaupun bergejala ringan, termasuk yang kini dirawat di RS Provita, ” aku dr. Nyoman.

Baca juga:  Terus Melandai, Kasus Harian Dilaporkan Nasional di Bawah 200 Orang

Kadinkes Kabupaten Jayapura dr Khaerul Lie secara terpisah mengaku di wilayahnya bertambah satu orang hingga menjadi delapan orang yang positif COVID-19. Rata-rata mereka ditemukan positif saat melakukan PCR sebagai syarat bagi pelaku perjalanan karena telah selesai bertanding dan tanpa gejala. Mereka semua sudah divaksin COVID-19, aku dr. Khaerul Lie.

Dinkes Merauke juga menyatakan ada penambahan satu pasien COVID-19 dari PON XX hingga tercatat empat orang. “Keempat orang yang merupakan ofisial dan panitia pelaksana kini menjalani isolasi terpusat terapung di KM Sirimau, ” aku dr Neville Maskita.

Baca juga:  Australia Perluas Pemberian Dosis Keempat Vaksin Covid-19

PON XX Papua akan berlangsung hingga Jumat (15/10) diikuti 6.496 atlet dan sekitar 3.300 ofisial. Sebanyak 37 cabang olahraga menggelar pertandingan, 56 disiplin cabang olahraga, dan 679 nomor pertandingan atau perlombaan. (kmb/balipost)

BAGIKAN