Bupati Suwirta saat hadir dalam Musda Dekopinda Klungkung. (BP/Ist)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung Wayan Ardiasa, membuka Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Klungkung di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (28/9). Pada kesempatan ini, Bupati Suwirta meminta Dekopinda mampu berperan aktif membangkitkan koperasi dari dampak pandemi.

Bupati Suwirta berharap koperasi bisa melakukan revitalisasi dan inovasi-inovasi dimasa pandemi ini, karena dampak yang signifikan juga terjadi terhadap perkembangan koperasi di Kabupaten Klungkung. Seperti penjualan menurun, permodalan, dan kredit macet. “Melalui musda ini saya berharap Dekopinda mampu meningkatkan perkembangan koperasi dan UKM di Kabupaten Klungkung serta meningkatkan kualitas koperasi dan sumber daya manusia (SDM) anggota koperasi,” ujar Bupati Suwirta.

Baca juga:  Bangunan Pemandian Jaman Kerajaan Direstorasi

Lebih lanjut Bupati Suwirta mengingatkan memilih pengurus yang bisa mengkodinir untuk mengurus dan membawa Dekopinda ke arah yang baik kedepannya serta bisa mengembangkan koperasi jaman now sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang kuat dan tetap mempertahankan jati diri koperasi.

Semntara itu, laporan Ketua Panitia Penyelenggara Musda, Komang Sri Andayani mengatakan Musda ini diselenggarakan untuk membahas dan mengesahkan laporan pertanggungjawaban laporan dari seluruh Dekopinda tahun buku 2020. “Musda kali ini mengambil tema “Melalui Musda Perkuat Kolaborasi Antar Koperasi untuk Mewujudkan Inovasi dan Digitalisasi di Kabupaten Klungkung,” katanya.

Baca juga:  Bertambah Lagi, Dua Zona Merah Ini Terbanyak Sumbang Korban Jiwa COVID-19

Komang Sri Andayani menambahkan musda kali ini dihadiri seluruh Pengurus Dekopinda Kabupaten Klungkung dengan semangat tinggi untuk melaporkan hasil perkembangan dan memilih Ketua Dekopinda yang baru periode 2021-2026.

Dari Musda Dekopinda Klungkung ini, terpilih sebagai Ketua Dewa Kusuma dari Koperasi di Nusa Penida. Wakil Ketua Gede Surya Atmaja dari KUD Gelgel. Sekretaris Sang Nyoman Sudarma dari Koperasi Dharma Sedana. Mereka terpilih dari peserta Musda. Pengajuan nama-nama yang bersaing muncul dari masing-masing unsur koperasi yang tergabung di dalam Dekopinda.

Baca juga:  Pandemi dan Pelajaran┬ádari Puputan Margarana

Pengurus Dekopinda Klungkung yang baru, menanggung tugas cukup berat, karena harus membantu koperasi agar bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19. Ini menjadi salah satu tugas berat dari Bupati Suwirta kepada Dekopinda, agar koperasi tetap bisa bertahan dan terus bergerak tumbuh, seiring membaiknya situasi ekonomi yang berangsur-angsur pulih. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *