Bupati Giri Prasta saat menerima audiensi Paguyuban Seniman Bali di Rumah Jabatan Bupati Puspem Badung, Jumat (24/9). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menerima audiensi Paguyuban Seniman Bali, Jumat (24/9) di Rumah Jabatan Bupati Puspem Badung. Ini, terkait rencana pelaksanaan upacara Pamlepeh Jagat di Pura Dalem Ped Nusa Penida yang puncaknya jatuh pada 6 Oktober 2021 mendatang.

Dalam sambrama wacananya Bupati Giri Prasta menyampaikan apresiasi atas rencana mulia, yang di cetuskan oleh paguyuban seniman Bali menggelar upacara pamlepeh jagat, untuk memohon keselamatan dari bencana dan gejolak sosial yang terjadi akhir-akhir ini. “Upacara itu sebagai wujud usaha kita agar bisa dekat dan mendapatkan berkah Ida Sang Hyang Widhi Wasa terlebih dalam pandemi Covid-19 ini, di agama Hindu kita kenal dengan gering agung sabsab dan merana. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan upacara ini kondisi jagat bisa kembali normal,” kata Giri Prasta.

Baca juga:  Boy'N'Cow, Meat Boutique Pertama di Bali

Menurut Giri Prasta, terganggunya keharmonisan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam, dan manusia dengan manusia bisa diminimalisir dengan upacara pamlepeh jagat yang dilaksanakan di pura dalem ped yang dipercaya sebagai huluning segara. “Semoga rencana mulia semeton seniman Bali dalam menggelar upacara pamlepeh jagat untuk mewujudkan kerahayuan bhuana agung dan bhuana alit bisa memargi antar labda karya sida sidaning don,” harapnya.

Baca juga:  Belasan Desa di Bangli Punya TPS3R, Volume Sampah ke TPA Berkurang

Secara khusus Bupati Giri Prasta juga memberikan dukungan terhadap rencana pelaksanaan upacara tersebut dengan memberikan punia pribadi sebesar Rp. 100 juta.

Sementara itu perwakilan paguyuban seniman Bali Komang Dedi Diana (tompel) melaporkan, di tengah kondisi seperti saat ini para seniman Bali terketuk hatinya ikut ambil bagian bersama dengan masyarakat dan pemerintah untuk berusaha mewujudkan kondisi Bali, Indonesia dan dunia agar bisa segera bangkit dan pulih dari pandemi Covid-19. “Kami para seniman Bali dengan rasa tulus iklas akan menggelar upacara pamlepeh jagat yang akan kita pusatkan di pura dalem ped Nusa penida, dengan harapan melalui pelaksanaan upacara Yadnya ini kita semua bisa bangkit dan alam bisa pulih dari pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Baca juga:  Hadiri HUT ST Satya Mukti Mayungan Baturiti, Bupati Giri Prasta Ajak Sekaa Teruna Hindari Narkoba

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung Nyoman Giri Prasta karena dengan tulus iklas memberikan Punia pribadi sebesar 100 juta rupiah guna mensukseskan pelaksanaan upacara yang dirancang oleh paguyuban seniman Bali. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *