Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menghadiri puncak perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-42 Sekaa Teruna Dharma Putra, Banjar Batunya, yang mengusung tema “Sinergitas Sekaa Teruna Dalam Melestarikan Budaya Hindu Bali”. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menghadiri puncak perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-42 Sekaa Teruna Dharma Putra, Banjar Batunya, yang mengusung tema “Sinergitas Sekaa Teruna Dalam Melestarikan Budaya Hindu Bali”. Acara bertempat di Balai Banjar Batunya, Desa Batunya, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Sabtu (19/8).

Hadir pula pada acara tersebut anggota DPRD Tabanan I Nyoman Suta, Camat Baturiti Ni Made Sayu Parwati, Tripika Kecamatan Baturiti, Perbekel Batunya I Made Riasa, Bendesa Adat Batunya I Made Samba, kelian adat se-Desa Batunya, kelian dinas se-Desa Batunya, ketua sekaa teruna se-Desa Adat Batunya, serta krama setempat. Sebagai bentuk perhatian dan dukungan, Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan dana motivasi kegiatan sebesar Rp20 juta yang diterima Ketua ST Dharma Putra, I Made Sastra Wibawa. Dana dukungan kegiatan juga diberikan oleh anggota DPRD Kabupaten Tabanan I Nyoman Suta sebesar Rp5 juta yang disaksikan langsung oleh seluruh krama Banjar Batunya, Baturiti, Tabanan.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Hadiri HUT ke-48 ST Eka Mana Swara

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya menyampaikan bahwa Banjar Batunya sudah memiliki 3 pilar yaitu wimuda (anak usia dini), winata (remaja yang sudah bisa memilih dan memilah mana salah dan benar), dan wiwerda (orang tua). Jika ketiga pilar tersebut bersatu, maka setengah perjuangan berhasil.

Disampaikan bahwa generasi Z adalah generasi yang hidup pada tatanan informasi dan teknologi, yang harus mengaplikasikan tindakan sesuai dengan tatanan Tri Hita Karana. “Ketiga pilar yang ada di banjar ini harus bisa bersatu sehingga segala pembangunan akan berhasil dan terwujudnya rasa sagilik, saguluk, salulung, sabayantaka, paras paros sarpanaya menuju masyarakat gemah ripah loh jinawi,” ujarnya.

Baca juga:  Penting, Peran BLM Wujudkan Masyarakat Yang Sehat, Mandiri dan Sejahtera

Bupati juga memberikan apresiasi kepada ST Dharma Putra yang telah melaksanakan kegiatan. Menurutnya, sekaa teruna telah mampu menjalankan apa yang menjadi programnya yakni meningkatkan kreativitas, sportivitas dan peduli lingkungan dan mengajak masyarakat Batunya untuk bersatu karena hanya dengan bersatu semua program dan kegiatan yang direncanakan akan berhasil.

“Saya ucapkan dirgahayu ke-42 ST Dharma Putra. Semoga kedepan semakin jaya. Kepada seluruh anggota ST Dharma Putra, saya berpesan kepada kalian untuk tidak mabuk-mabukan yang mengganggu ketertiban umum, tidak menggunakan narkoba, karena kalian sekaa teruna sangat dibutuhkan oleh keluarga dan Banjar Batunya,” pesan Giri Prasta.

Baca juga:  Tuai Komen Negatif di Medsos, Bupati Giri Prasta Serahkan Owa Siamang ke BKSDA

Sementara itu, Ketua Panitia, Luh Ade Dinda Pradnya Pratiwi menyampaikan, pihaknya selaku panitia penyelenggara mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada I Nyoman Giri Prasta sebagai Bupati Badung yang telah membantu Banjar Batunya serta menuntun ST Dharma Putra menuju arah yang lebih baik. (Adv/balipost)

 

BAGIKAN