Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menghadiri pujawali di Pura Kawitan Kayu Selem, Gwasong, Songan, Banjar Kayu Selem, Kintamani, Bangli, Selasa (9/4). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menghadiri pujawali di Pura Kawitan Kayu Selem, Gwasong, Songan, Banjar Kayu Selem, Kintamani, Bangli, Selasa (9/4). Turut hadir dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, anggota DPRD Provinsi Bali terpilih dapil Bangli Sang Putra Irawan, anggota DPRD Bangli I Wayan Wirya, dan anggota DPRD terpilih I Wayan Artom Krisna Putra, Camat Kintamani Ketut Hery Soena Putra, unsur Tripika Kecamatan Kintamani, serta tokoh dan warga Kayu Selem.

Bupati Giri Prasta juga menyerahkan bantuan dana hibah induk 2024 secara simbolis sebesar Rp3,2 miliar untuk pembangunan pura serta secara pribadi membantu dana sebesar Rp30 juta. Giri Prasta mengucapkan rasa syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa serta Ida Batara-Batari yang berstana di Pura Kawitan Kayu Selem dan berharap seluruh krama pangempon diberikan keselamatan dan kerahayuan dalam melaksanakan karya pujawali.

Baca juga:  Residivis Curanmor Beraksi di Kos-kosan

“Kehadiran kami di sini untuk meringankan beban krama semua dan ini murni dari pikiran yang suci dan ning nirmala, apalagi untuk masyarakat pangempon kawitan Kayu Selem khususnya, waktu banyak habis di adat seperti ada Pitra Yadnya, Manusa Yadnya, dan Dewa Yadnya, piodalan di tingkat dadia sampai Sad Kahyangan, itu waktu dan uang banyak habis di adat untuk mayadnya. Maka dari itu, kami hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban masyarakat seperti saat ini. Untuk membangun Pura Kawitan Kayu Selem, kami bantu sebesar Rp3,2 miliar agar tuntas, supaya masyarakat tidak mengeluarkan uang,” ucapnya.

Baca juga:  Dua Bulan, Puluhan Karyawan "The Nusa Dua" Jadi Sampling Swab Antigen

Pujawali ini, lanjut Giri Prasta dapat dikatakan puja itu dilaksanakan oleh sulinggih bersama pemangku, sedangkan wali-nya dilaksanakan oleh walaka, ada sekaa gong, pasantian, topeng Sidakarya, tari rejang lan renteng. Itulah yang dimaksud pujawali, dimana masyarakat laksanakan di hari yang baik.

Sementara itu, manggala karya I Wayan Suyasa, mewakili keluarga besar Kayu Selem seluruh Bali, menghaturkan banyak terima kasih atas kehadiran Bupati Badung bersama para undangan lainnya. “Kami keluarga besar Kayu Selem sudah banyak dibantu untuk pembangunan di Pura Kayu Selem. Dari awal pembangunan diberikan bantuan sebesar Rp3 miliar untuk pembangunan Pura Kayu Selem dan sekarang untuk melanjutkan pembangunan pura di jaba sisi juga kami dibantu dana hibah induk 2024 sebesar Rp3,2 miliar. Sekali lagi, saya mewakili keluarga besar Kayu Selem, mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Badung Bapak Nyoman Giri Prasta,” ujarnya. (Adv/balipost)

Baca juga:  Kamis, Pura Ulun Danu Batur Gelar Pujawali
BAGIKAN