Ilustrasi. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Gangguan internet terjadi layanan Indihome dan Telkomsel sejak, Minggu (19/9) malam. Permasalahan ini pun diakui TelkomGroup.

Dalam keterangannya, dikutip dari Kantor Berita Antara, Senin (20/9),¬†TelkomGroup mengatakan pemicu permasalahan ini adalah kabel laut. “Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado. Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala,” kata Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkom, Pujo Pramono.

Baca juga:  Tak Gunakan Bahan Tradisional, Perajin Arak Gula Diminta Beralih

Gangguan layanan fixed broadband dan mobile broadband terjadi pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam-Pontianak. Titik gangguan berasal dari sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam, di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

“Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal,” kata Pujo.

Pelanggan layanan fixed broadband Indihome dan mobile broadband Telkomsel mengeluh internet mereka melambat sejak Minggu (19/9) pukul 17.33.

Baca juga:  XL Pulihkan Jaringan di Lombok Utara

Indihome dan Telkomsel hingga siang ini menjadi topik terhangat (trending topic) di media sosial Twitter.

Setidaknya pengguna Indihome di Jakarta dan Bogor masih mengalami kendala hingga siang ini.

Telkomsel, dalam keterangan terpisah, dikutip Senin, menyatakan gangguan terjadi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, pada Minggu (19/9). Gangguan hanya berakibat pada layanan internet, sementara layanan telepon dan SMS masih berfungsi normal.

Baca juga:  WNA Disambar Ombak Devil's Tears, Pencarian Dihentikan

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala,” kata Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkomsel, Denny Abidin.

TelkomGroup menyatakan layanan berangsur pulih sejak tengah malam. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *