Lokasi rencana pemasangan pompa hidram. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Di Kecamatan Abang cukup banyak terdapat sumber air yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar. Kodim 1623/Karangasem berencana memasang tiga pompa hidram untuk menaikkan air dan mengatasi krisis air bersih warga.

Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa, mengungkapkan, kalau pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap tiga sumber mata air di lokasi pemasangan Pompa Hidram Program Kodam IX/Udayana. Tiga sumber mata air itu, yakni Yeh Masem yang terletak di Desa Bunutan, Andong di Desa Kesimpar Kelod, dan Pemandian Desa Pidpid.

Baca juga:  Pohon Tumbang Timbulkan Kemacetan Panjang di Jalan Amlapura-Singaraja

“Untuk ke depan kita akan terus berupaya melakukan pengecekan sumber-sumber air yang ada di wilayah dengan pemasangan Pompa Hidram untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Karangasem pada umumnya,” ucapnya.

Perbekel Kesimpar I Gede Intaran mengatakan, bahwa sumber air tersebut saat ini telah menggunakan Pamsimas (Program Nasional Penyediaan Air Minum Masyarakat) tahun 2020. Jelas dia, pada tahun 2014 sempat dipasang Pompa Hidram, namun mengalir selama 6 bulan terjadi kerusakan. Pada 2017 dilakukan perbaikan, 2018 bisa dioperasionalkan kembali.

Baca juga:  Dari KBS Ikon Baru Pantai Kuta hingga Keluarga Korban Jiwa Gempa Turki

“Tapi, setelah ada program Pamsimas Pompa Hidram tidak difungsikan karena debit air ke pompa sangat kecil. Rencana ke depan pompa Hidram akan difungsikan lagi untuk pencairan kebun menggunakan air limbah dari mandi dan cuci warga mengingat air tersebut cukup banyak,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *