Warga yang menolak pemasangan portal retribusi di Serangan melakukan aksi, Kamis (2/9). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Kamis (2/9), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Pintu Masuk Serangan Dipasangi Portal, Sejumlah Warga Gelar Aksi Penolakan

DENPASAR, BALIPOST.com – Keberadaan portal retribusi parkir di pintu masuk Desa Adat Serangan, yang masih dalam uji coba, akhirnya menuai protes. Kamis (2/9) sejumlah warga menggelar aksi untuk menolak keberadaan portal itu.

Warga yang berasal dari beberapa banjar di Desa Adat Serangan telah mendatangi lokasi sekitar pukul 08.30 WITA dan menolak keberadaan portal tersebut. Sejumlah warga menggelar orasi menuntut agar keberadaan portal dicabut.

Selengkapnya baca di sini

2. Jro Gede Batur Alitan: Selamatkan Krama Bali dari Kematian COVID-19

Baca juga:  BPN Tuntas Ukur Tanah Warga Terkena Proyek Jalan Singaraja-Mengwitani

DENPASAR, BALIPOST.com – Krama Bali diharapkan ngrastiti bhakti untuk menghindarkan diri dari kematian akibat COVID-19. Harapan itu disampaikan Jro Gede Batur Alitan kepada Bali Post, Kamis (2/9).

Caranya dengan mohon kehidupan atau mohon urip pada Ida Betara Betari ring Pura Dalem termasuk di pamuun setra. Ritual iini bisa dilakukan pemangku, bendesa adat, termasuk para sulinggih dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Selengkapnya baca di sini

3. Kasus Pemukulan di Sidatapa, Dua Prajurit Kodim 1609/Buleleng Dikenai Disiplin Militer

SINGARAJA, BALIPOST.com – Tindakan pemukulan seorang warga sipil di Desa Sidatapa, Kadek Dicky Okta Andrean, diduga dilakukan oleh dua oknum Prajurit Kodim 1609/Buleleng. Menindaklanjuti kasus itu, Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto, S.E., M.I.K., menjatuhkan tindakan disiplin militer, Rabu (1/9), di Markas Kodim 1609/Buleleng.

Baca juga:  Taman Rekreasi Mulai Kesulitan Beri Makan Satwa

Selain dihadiri Dandim 1609/Buleleng, pelaksanaan hukuman disiplin militer itu juga disaksikan Danramil 1609-04/Tejakula, Kapten Inf Rifa’i; Pasipers Kodim 1609/Buleleng, Kapten Caj I Ketut Teken dan Pasi Intel Kodim 1609/Buleleng, Lettu Arh Putu Darma Setiawan, A.Md.

Selengkapnya baca di sini

4. Harga Rapid Tes Antigen Diturunkan, Sejumlah Klinik di Gilimanuk Masih Patok Rp 160 Ribu

NEGARA, BALIPOST.com – Satgas COVID-19 Kabupaten Jembrana, Kamis (2/9), menerima tembusan surat edaran terkait penyesuaian harga untuk rapid test antigen. Dalam SE dari Kementerian Kesehatan RI itu disebutkan harga tertinggi rapid test antigen Rp 99 ribu untuk di Pulau Jawa dan Bali.

Dari pemantauan, beberapa klinik masih menerapkan harga lama yakni Rp 160 ribu. Sejumlah pengelola mengaku belum menerima surat resmi dari Dinas Kesehatan setempat terkait penyesuaian harga itu.

Baca juga:  Bupati Suwirta : BPD Harus Berkontribusi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Selengkapnya baca di sini

5. Desa Adat Denpasar Bangun Tempat Pengabenan

DENPASAR, BALIPOST.com – Desa Adat Denpasar terdiri dari 105 banjar dengan jumlah krama sekitar 18.000 orang. Bahkan, sejalan dengan perkembangan krama di perkotaan, Denpasar bukan saja dihuni oleh krama adat, tetapi juga ada krama tamiu (pendatang) serta tamiu (tamu).

Bendesa Adat Denpasar A. A. Ngurah Rai Sudarma, SH., MH., didampingi Sabha Desa, A. A. Putu Gede Wibawa, Kertha Desa, Wayan Pande Sudirta dan Ketut Suteja Kumara beserta prajuru lainnya, Kamis (2/9), mengatakan pihaknya akan membangun tempat pengabenan (sejenis krematorium). Lokasinya di Setra Bugbug yang berlokasi di areal Setra Agung Badung bagian barat daya.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *