Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak turun langsung memantau pembangunan pompa hydram di Desa Tangguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur, Jumat (20/8). (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Program Kodam IX/Udayana terkait dengan upaya penyediaan air bersih terus menyasar sejumlah desa di Tabanan. Bahkan untuk memastikan program ini berjalan dengan baik, Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak turun langsung memantau pembangunan pompa hydram di Desa Tangguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur, Jumat (20/8).

Pangdam Mayjen Maruli Simanjuntak menjelaskan pihaknya gencar membangun pompa hydram untuk kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Di Bali, sudah ada 16 pompa hydram yang terpasang.

Baca juga:  Parkir di Pinggir Jalan, Traktor Hilang

Meskipun dalam program yang sedang dijalankan saat ini masih bersifat pilot project. “Kegiatan saat ini merupakan pilot project akan tetapi, bukan pilot project dengan mencoba-coba tanpa perencanaan. dan semua telah dapat dibuktikan,” tegasnya.

Khusus di Desa Tangguntiti, pompa yang sedang dibangun akan dimanfaatkan untuk membantu mengairi areal persawahan. Pompa ini mampu menghasilkan dua liter air per detik.

Dipasang sepuluh pompa. “Kemampuan dorong 500 sampai 600 meter dengan penggunaan dua pompa sistem klep yang nantinya mampu menggeluarkan air dengan volume satu sampai dua liter per detik,” jelasnya.

Baca juga:  Pangdam Berbaur dengan Ribuan Jamaah di Lapangan Makorem

Karena itu, dia berharap pembangunan pompa hydram yang sedang digencarkan jajarannya, nantinya sesuai dengan rencana. Membatu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air. Baik air bersih atau untuk keperluan pengairan lahan persawahan. “Semoga ke depannya kegiatan ini berlanjut. Termasuk untuk kepentingan pertanian, sehingga masyarakat dapat bertani dan tidak ada lagi waktu jeda khususnya dalam menanaman padi,” pungkasnya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *