Petugas melakukan evakuasi pendaki yang tersesat di Gunung Agung. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Sejumlah warga yang melakukan aktivitas pendakian tersesat dan mengalami kelelahan di lereng Gunung Agung pada Selasa (17/8). Mereka dievakuasi oleh tim gabungan Basarnas Karangasem Polsek Rendang, BPBD Karangasem, PMI Karangasem dan pemandu lokal menuju ke bawah.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Basarnas Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Widnyana, Rabu (18/8) mengungkapkan, pihaknya menerima informasi itu sekitar pukul 17.30 WITA dari salah satu pihak keluarga untuk meminta bantuan. Menerima kabar itu, pihaknya langsung bergerak menuju Pura Pengubengan Besakih untuk melakukan proses pencarian dari jalur tersebut. “Usai melakukan briefing sekitar pukul 20.45 WITA, tim mulai melakukan proses pencarian,” ucapnya.

Baca juga:  Rupbasan Sasar Pekerja Tambal Ban dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Eka, menambahkan, setelah melakukan proses pencarian kurang lebih sekitar satu jam, tepatnya pukul 21.50 WITA, tim akhirnya menemukan para pendaki yang tersesat dan kelelahan itu. Mereka ditemukan di lereng Gunung Agung pada ketinggian 2000 mdpl dan langsung mengevakuasi korban menuju ke bawah.

“Ada sebanyak lima orang pendaki yang dievakuasi petugas. Kelima pendaki itu yakni, Mario (17), Emilio (17), Wulan (16), Bobby (16), dan Yohanes (18). Mereka melakukan pendakian naik ke Gunung Agung pada Senin (16/8). Mereka naik melalui jalur Pura Pengubengan Besakih,” ucapnya.

Baca juga:  PPKM Darurat, Taspen Lakukan Terobosan Layanan E-Klim

Dia menjelaskan, saat ditemukan petugas keseluruhan kondisi fisik kelimanya dalam kondisi cukup baik sehingga dapat melanjutkan perjalanan menuju ke bawah. “Kelimanya ditemukan dengan selamat. Dan selanjutnya mereka diserahkan kepada pihak keluarga,” jelas Eka. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *