Umat Hindu menggelar ritual pakelem. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pemerintah Provinsi Bali akan mengadakan pakelem di 5 perairan yang puncaknya akan dilaksanakan secara serentak, Sabtu (7/8). Tujuannya untuk memohon kepada Hyang Widhi Wasa dalam wujudnya sebagai Dewa Laut (Bhatara Baruna) agar gering agung COVID-19 cepat dikembalikan ke asalnya, beserta dampak yang menyertainya segera diakhiri, sehingga tatanan kehidupan Krama Bali bisa berjalan normal kembali.

Dudonan upacara dimulai dari tahapan Matur Piuning di tiga Pura, yakni Pura Lempuyang Luhur, Pura Agung Besakih, dan Pura Bukit Indrakila, Rabu (4/8). “Upacara Aci Pakelem Hulu-Teben ring Panca Sagara dilaksanakan dengan tujuan untuk memohon kepada Hyang Widhi Wasa maraga Hyang Siwa Tiga (Siwa Agni, Siwa Pasupati, Siwa Amerta/Ider Bhuwana/Panyejeg Jagat/Paneduh Bhumi) agar Beliau ledang arsa ngadegin saat Murddhaning Jagat Bali ngaturang Aci Pakelem ring Panca Sagara dan Ida Bhatara Baruna ledang arsa sweca menghindarkan Bali dari bencana alam dahsyat, seperti tsunami, sehingga Alam, Krama, dan Kebudayaan Bali tetap rajeg. Sekaligus memohon kepada Hyang Widhi Wasa maraga Hyang Siwa Tiga agar Jagat Bali mawali landuh, tata tentrem kreta raharja, gemah ripah loh jinawi tan kirang sandang pangan papan,” ujar Penyarikan Agung Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali, I Ketut Sumarta, Jumat (6/8).

Baca juga:  Ubud

Tempat Aci Pakelem Hulu-Teben ring Panca Sagara ini dilaksana di 5 perairan. Rinciannya sisi timur dilaksanakan di Sagara Batu Belah, Desa Datah, Kecamatan Abang, Karangasem, sisi selatan dilaksanakan di Sagara Dalem Pakendungan, Desa Kuta, Kecamatan Kuta, Badung, dibarat dilaksanakan di Sagara Rupek, Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, utara dilaksanakan di Sagara Negara Gambur Anglayang, Desa/Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, dan di tengah dilaksanakan di Hulun Sagara Danu Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli.

Baca juga:  Matangkan Kawasan Pusat Kebudayaan Bali, Jutaan Meter Kubik Material Diperlukan

Oleh karena itu, seluruh Desa Adat se-Bali serta masing-masing keluarga Krama Adat Bali diminta agar turut serta berpartisipasi dengan bersembahyang dan menghaturkan banten sesuai kemampuan atau keikhlasan masing-masing. Desa Adat melaksanakan ngrastiti bakti nunas ica di Pura Kahyangan Jagat/Dang Kahyangan serta Kahyangan Desa yang ada di wilayah desa adat masing-masing. Sedangkan umat Hindu melaksanakan ngrastiti bakti nunas ica di sanggah/merajan/pura paibon/pura panti/pura dadia masing-masing.

Setelah kegiatan ngrastiti bakti nunas ica selesai dilaksanakan, Ida Bhatara maraga Tirta Pangrapuh Jagat yang sudah di-tuur oleh masing-masing desa adat serta masing-masing umat Hindu selanjutnya dipercikkan ke seluruh palinggih dan wewidangan Desa Adat sampai ke seluruh pekarangan rumah/kantor dan masing-masing Krama Desa Adat.

Tirta Pangrapuh Jagat yang kalinggihang/kajejerang ring Pura Kahyangan Jagat/Pura Jagatnatha/Pura Puseh/Pura Desa rauh ring Sanggah/Pamrajan agar tidak dihabiskan, sehingga bisa dipercikkan setiap hari oleh seluruh Krama dan/atau seluruh anggota keluarga agar bisa memperoleh kerahayuan dan kesejahteraan.

Baca juga:  Kasus COVID-19 Meningkat, Bali Mesti Siapkan "Emergency Plan"

Apabila Tirta Pangrapuh Jagat tinggal sedikit, bisa diperbanyak lagi dengan tata cara Matur piuning dengan sarana banten/canang sakasidan (semampu dan seikhlasnya). Siapkan toya ning/toya anyar sukla dengan wadah yang juga sukla, lalu tuangkan Tirta Pangrapuh Jagat ini ke dalam toya ning/toya anyar, jangan justru sebaliknya, karena Tirta ini tan wenang kaungkulan.

Linggihang kembali Tirta Pangrapuh Jagat di palinggih semula (di Sanggar Surya/Padma atau Kamulan di Rong Tengah). Tirta Pangrapuh Jagat kajejerang sampai 42 hari (abulan pitung dina), kasineb pada hari Minggu (Redite Pon, Kulantir), 19 September 2021. (Winatha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *