Astra Motor Bali menggelar Kontes Pembelajaran Online Guru SMK. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Astra Motor Bali menginisasi kompetisi mengajar melalui gelaran “Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021.” Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Honda dalam mendukung proses belajar mengajar secara daring. Sekaligus, meningkatkan kualitas pendidikan vokasi melalui penerapan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh Indonesia.

Dengan jadwal selama dua hari 26-27 Juli 2021, Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 dilakukan secara daring. Diikuti oleh 9 peserta yang merupakan guru produktif dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wilayah Bali. Mereka telah mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda, serta sudah mengikuti Pelatihan Guru Modul Dasar.

Baca juga:  Pulihkan Angka Kunjungan, Ini Dilakukan Pengelola DTW Alas Kedaton

Berbeda dengan tahun sebelumnya, para peserta guru kini ditantang untuk dapat kreatif membuat video tutorial menarik dan mudah dipahami terkait teknologi sepeda motor Honda. Penguatan kompetensi ini juga akan membantu siswa didik dalam mencerna dan memahami materi-materi yang disampaikan oleh para peserta guru.

Selain adu kreativitas, para peserta guru juga ditantang dalam menyajikan materi yang menarik, ringkas dan mudah dipahami dalam proses belajar mengajar. Dari sisi cara mengajar, para peserta guru juga dinilai dari beberapa aspek seperti cara mengajar, intonasi serta pemilihan bahasa yang jelas dan kelugasan dalam proses mengajar

Technical Service Manager Astra Motor Bali, Agung Surya mengatakan kondisi proses belajar mengajar yang masih dilakukan secara daring hingga saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi para guru. “Penguatan kompetensi guru terus kami lakukan, untuk tetap menjaga kualitas guru, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menerapkan kurikulum TBSM Astra Honda,” ungkapnya, dalam rilis yang diterima.

Baca juga:  DPR Dukung Pemadaman Internet saat Nyepi di Bali

Salah satunya adalah dengan memacu kreativitas guru melalui proses belajar-mengajar agar semakin adaptif dengan situasi dan perkembangan teknologi.
Di Bali saat ini sudah memiliki 9 SMK Jurusan TBSM Astra Honda yakni SMK Negeri 1 Amlapura, SMK Negeri 1 Manggis, SMK Negeri 1 Klungkung, SMK Rekayasa Denpasar, SMK Negeri 1 Denpasar, SMK PGRI 2 Badung, SMK Negeri 2 Negara, SMK Negeri 1 Gerokgak dan SMK Negeri 3 Singaraja. Para guru ini akan berlomba menyajikan materi yang menarik secara online.

Baca juga:  Tak Terbukti, ''Police Line'' di Platinum Dibuka

Dalam proses pengujian proses mengajar, para guru peserta kontes wajib membuat bahan ajar dan membawakan materi ajar yang sesuai kurikulum SMK TBSM dengan durasi mengajar selama 30 menit, materi Ajar 20 menit, video edukasi praktek 10 menit.

Para guru peserta akan diseleksi secara bertahap dari tingkat sekolah dan regional untuk mengikuti kontes tingkat nasional pada Agustus yang akan menyeleksi 27 guru SMK terbaik dari seluruh Indonesia. Seluruh finalis juga akan mendapatkan pengayaan kompetensi pembelajaran secara daring dari tim Learning Center AHM. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *