ilustrasi - Calon pembeli memilih pakaian yang dijual di salah satu toko di Jakarta, Senin (8/2/2021). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Bank Indonesia melakukan survei konsumen (SK) pada Juni 2021, dengan hasil mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi terus menguat. Hasil SK BI yakni, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang mencapai 107,4 dibandingkan 104,4 pada Mei 2021.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyatakan kondisi ini perlu terus dijaga dan dicermati sejalan diterapkannya Pemberlakukan PPKM Darurat, katanya dikutip dari Kantor Berita Antara, Kamis (8/7).

Baca juga:  Empat RS Ini Terapkan Transaksi QRIS

Hasil SK tersebut mengindikasikan penguatan optimisme pada Juni 2021 didorong oleh persepsi konsumen yang membaik terhadap kondisi ekonomi meski masih berada pada area pesimis atau di bawah 100.

Keyakinan konsumen ini terpantau membaik pada seluruh kategori tingkat pengeluaran dan kelompok pendidikan serta pada mayoritas kelompok usia responden. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di delapan kota yang disurvei dengan capaian tertinggi di Banten dan kemudian diikuti oleh Denpasar dan Mataram.

Baca juga:  Musim Kemarau, BI Antisipasi Cadangan Pangan

Secara triwulanan, keyakinan konsumen pada triwulan II 2021 terpantau menguat dan berada di level optimis yakni 104,4. Ini lebih tinggi dari 88,0 pada triwulan I 2021 maupun 82,1 pada triwulan II 2020. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *