Bandar Udara Bao'an, Shenzhen, Provinsi Guangdong, China. (BP/Antara)

BEIJING, BALIPOST.com – Ratusan penerbangan di Bandar Udara Internasional Bao’an, Shenzen, Provinsi Guangdong, China, dibatalkan. Hal ini menyusul munculnya kembali kasus COVID-19 di wilayah itu.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Minggu (20/6), sedikitnya 400 jadwal penerbangan domestik dan internasional dibatalkan. China mendapati 23 kasus baru yang semuanya berasal dari luar negeri, demikian data Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) per 19 Juni 2021.

Baca juga:  Isu Adanya WNA Jepang Eksodus ke Negaranya, Kakanwil Kemenkumham Angkat Bicara

Di Shenzhen terdapat empat kasus positif baru dan satu kasus tanpa gejala. Empat kasus tersebut, dua di antaranya diangkut penerbangan internasional dari Afrika Selatan, sedangkan dua lainnya, masing-masing dari Kongo dan Indonesia.

Keempat orang tersebut kini kondisinya mulai stabil setelah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit No 3 Shenzhen, demikian portal berita GICExpat.

Satu kasus tanpa gejala terjadi pada seorang warga negara China yang baru pulang dari Afsel.

Baca juga:  Kasus COVID-19 Bali Kembali Naik, Warga Terpapar Bertambah di Atas 65

Pada 15 Juni, Shenzhen mendapatkan 13 kasus baru dan 12 kasus tanpa gejala. Semua diperoleh dari penerbangan Air China nomor CA-868 dari Johannesburg, Afsel.

Lima hari sebelumnya, penerbangan yang sama juga kedapatan membawa 32 penumpang positif COVID-19. Buntut dari kasus positif tersebut, penerbangan CA-868 ditangguhkan selama empat pekan.

Sampai saat ini China telah melaporkan 91.587 kasus positif dengan jumlah kematian 4.636 orang.

Baca juga:  Tambahan Kasus Terus Pecahkan Rekor, 3 Strategi Ini akan Diterapkan

Shenzhen merupakan kota yang bersebelahan dengan Guangzhou. Dalam dua hari terakhir tidak ada kasus baru di Guangzhou setelah beberapa hari sebelumnya sempat kedapatan 130-an kasus baru.

Dua kota tersebut menjadi tujuan penerbangan internasional terpadat di China. Sekaligus sebagai pusat karantina pengguna penerbangan internasional di wilayah selatan daratan Tiongkok itu. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *