Petugas mengawasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 di Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (13/4/2021). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST. com – Sebanyak 184.942 siswa lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2021.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih di Jakarta, Senin (14/6) mengatakan bahwa peserta ujian tulis berbasis komputer dalam SBMPTN 2021 total 732.801 orang dan 184.942 orang di antaranya dinyatakan lolos seleksi.

Perinciannya, peserta SBMPTN 2021 yang diterima di program studi sains dan teknologi sebanyak 92.963 orang dan peserta yang diterima di program studi sosial dan humaniora sebanyak 91.979 orang.

Di antara siswa yang dinyatakan lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri ada 25.398 peserta program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah). Total peserta program KIP-Kuliah yang mendaftar mengikuti seleksi total 198.281 orang.

Baca juga:  Jelang Penutupan, Partai Garuda dan PBI Ikut Daftar

Pengumuman hasil SBMPTN 2021 bisa diakses melalui laman resmi LTMPT serta situs resmi perguruan tinggi negeri.​​​​​​​

Mohammad Nasih mengatakan bahwa peserta seleksi tidak perlu terburu-buru mengakses pengumuman saat hasil SBMPTN 2021 disampaikan pada Senin pukul 15.00 WIB. “Hasil yang akan diterima para peserta tidak akan berubah, meski mengakses pada malam hari maupun esok hari,” katanya.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nizam menyampaikan selamat kepada siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri lewat jalur SBMPTN. “Untuk yang belum diterima, ini bukan akhir dari perjalanan, masih ada kesempatan melalui jalur mandiri dan tentu juga pendaftaran ke perguruan tinggi swasta masih sangat terbuka lebar,” katanya.

Baca juga:  Undiksha Buka Penerimaan 3 Ribu Mahasiswa

Nizam juga mengingatkan peserta SBMPTN untuk mewaspadai situs pengumuman tidak resmi yang meminta peserta membayarkan sejumlah uang agar diterima di perguruan tinggi negeri.

Jumlah peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN 2021 lebih sedikit dari daya tampung perguruan tinggi negeri yang ikut menyelenggarakan seleksi.

​​​​​​​Sebanyak 74 universitas dan institut negeri, 12 pendidikan vokasi di universitas dan institut negeri, 40 politeknik negeri, dan 11 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri yang menyelenggarakan SBMPTN 2021 bisa menampung 197.657 pelajar. Sedangkan siswa yang lolos SBMPTN 2021 tercatat 184.942 orang. “Jadi masih ada daya tampung yang tidak terpenuhi sebanyak 12.715,” kata Mohammad Nasih.​​​​​​​

Baca juga:  DPR Dukung Pola Pendidikan PT Berbasis Online

Perguruan tinggi negeri menerima mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), SBMPTN, dan seleksi mandiri.

Kuota penerimaan mahasiswa dari jalur SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN minimal 40 persen, dan seleksi mandiri perguruan tinggi negeri maksimal 30 persen dari daya tampung masing-masing program studi di perguruan tinggi negeri. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *