PMI asal Karangasem saat pulang akibat dilanda pandemi covid-19. Kini, sudah banyak PMI yang kembali bekerja ke luar negeri. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST. com – Dalam situasi pandemi covid-19 sudah cukup banyak pekerja yang mulai berangkat bekerja keluar negeri. Atas kondisi itu, belakangan ini Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Karangasem mulai mengurus paspor di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karangasem.

Kepala Dinas Nakertrans Karangasem, I Nyoman Suradnya, mengungkapkan, PMI asal Karangasem yang telah mengurus rekomendasi  paspor mencapai  puluhan orang untuk  berangkat bekerja ke luar negeri. “Belakangan ini sudah puluhan PMI mengurus paspor,” ucapnya belum lama ini.

Baca juga:  Aktivitas Monoton, Pengungsi Jenuh dan Minta Kerja

Hanya saja, Suradnya, belum bisa memastikan secara pasti berapa warga  Kaarangasem yang sudah berangkat untuk kerja ke luar negeri  ditengah pandemi Covid-19. Pasalnya, sampai  sekarang belum ada masyarakat yang melapor ke Disnakertrans Karangasem untuk berkerja ke luar negeri, atau kapal pesiar. “Yang mencari paspor banyak, tapi kalau PMI yang sudah berangkat ke luar negeri saat pandemi. Karena mereka biasanya berangkat bersama agent,” Kata Suradnya.

Baca juga:  Agar Karier Gak Stagnan, Lakukan 6 Kebiasaan Ini di Tempat Kerja

Dia menjelaskan,  pihaknya bakal  melakukan pendataan bagi masyarakat yang berangkat kerja ke luar negeri sesuai intruksi Gubernur Bali. Karena pekerja migran yang berangkat diharuskan melapor ke Dinas terkait.  “Pendataan dilakukan  agar warga yang kerja di luar negeri terdaftar dan terdeteksi keberadaannya oleh Pemerintah Daerah,” Tandasnya. (Eka Prananda/Balipost).

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *