Wimbakara Sanggar Atmanastuti Singapadu Tampil Memukau pada PKB XLIII Tahun 2021, Minggu (13/6). (BP/Win)

DENPASAR, BALIPOST. com – Sanggar Atmanastuti di bawah binaan Komunitas Seni Saptana Jagaraga, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati diberi kepercayaan mewakili Kabupaten Gianyar kategori Taman Penasar (Wimbakara) Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII Tahun 2021 yang dipusatkan di Taman Budaya Bali, Denpasar.

Seniman Singapadu sukses membius penonton yang hadir secara terbatas di tengah pandemi Covid-19. Penampilan yang all out seolah menjadi pembayar kepercayaan sebagai duta Gumi Seni Gianyar, Minggu (13/6) malam.

Kolaborasi I Wayan Darya selaku pembina utama dan I Wayan Kariana yang duduk di posisi ketua komunitas Sapta Jagaraga, sukses menggabungkan seniman lintas generasi dari seluruh banjar se-Singapadu.

Baca juga:  Ratusan Seniman Badung Partisipasi di PKB akan Divaksinasi

Komunitas seni ini, dibentuk 11 November 2011 saat mengikuti lomba Bleganjur Puspem Badung. Seiring penampilan yang kian apik, komunitas ini mulai dikenal masyarakat luas. “Tahun 2015 kami mulai menginjakkan kaki di panggung PKB dan berhasil memecah rekor penonton terbanyak,” ujar Kariana, seusai pementasan, Minggu (13/6) malam.

Kariana berkomitmen menjaga tradisi Singapadu sebagai gudang seniman dengan cara mengaktifkan kegiatan dalam bidang seni pertunjukan. Berbicara Singapadu memang tak bisa lepas dari gudang seni. Kesenian seolah tumbuh subur sejak dulu hingga menjadi sejarah bagi Singapadu. Tak hanya pertunjukan, seni rupa juga tumbuh subur di desa ini. Namun cap desa seni bisa saja hilang jika tidak ada kesinambungan interaksi seni antar generasi. Kemunculan komunitas-komunitas seni menjadi tulang punggung merawat tradisi seni di Singapadu.

Baca juga:  Ke Taman Ayu, Menpar Arief Yahya Cicipi Kopi Luwak

Untuk diketahui, PKB XLIII Tahun 2021 tetap digelar di tengah pandemi Covid-19, sebagai konsistensi pemberlakuan Perda nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali yang diundangkan 9 Juli 2020. PKB bertema Purna Jiwa; Prananing Wana Kerthi (Jiwa Paripurna Nafas Pohon Kehidupan).

Salah satu materi Wimbakara atau Lomba Taman Penasar. Lomba ini bertujuan memberi kesempatan kepada generasi muda untuk mengolah secara kreatif materi-materi atau ide-ide otentik dalam seni sastra dan karawitan, sekaligus untuk memperkaya khasanah Seni Taman Penasar dalam publikasi PKB XLIII Tahun 2021 ke publik nasional bahkan internasional. (Winata/Balipost)

Baca juga:  Pembukaan PKB Dikabarkan Maju Ikuti Jadwal Presiden ke Bali Buka Munas Kadin, Ini Kata Kadisbud
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *