Salah satu ruangan isolasi untuk pasien COVID-19 dirawat di RSUD Klungkung.(BP/Dokumen)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Seiring gencarnya pelaksanaan vaksinasi terhadap seluruh sasaran, catatan kasus COVID-19 nampak turun drastis. Tren penurunan ini sudah terjadi sejak awal Juni.

Bahkan, sekarang pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD Klungkung, tercatat tinggal 4 orang. Direktur RSUD Klungkung dr. Nyoman Kesuma, Minggu (13/6) mengatakan jumlah pasien sejak awal bulan Juni menurun signifikan dari sekitar 40-an pada awal tahun, menjadi di bawah 10 orang pada bulan ini.

Jumlah kasus berat dan kritis yang membutuhkan ICU, turun drastis. Sehingga saat ini hanya ada 1 pasien yang dirawat di ruang isolasi ICU COVID-19. “Hari ini pasien COVID-19 yang dirawat di Ruang Isolasi RSUD Klungkung sisa 4 orang. Sedangkan kemarin masih 7 orang,” kata dr. Kesuma.

Baca juga:  Kembali Bertambah Puluhan Kasus COVID-19, Jembrana Sebut Ini Klasternya

Menurutnya, keadaan ini kemungkinan disebabkan karena sudah hampir sebagian besar para lansia dan masyarakat usia 18 tahun ke atas, mendapatkan vaksinasi. Sehingga sudah memiliki kekebalan terhadap virus COVID-19.

Dengan demikian, kalau terjadi paparan, mereka yang terpapar COVID-19 tidak lagi menyebabkan sakit. Kalaupun terinfeksi dengan tanpa gejala atau gejala ringan, tidak membutuhkan perawatan di rumah sakit.

“Semoga kondisi seperti ini terus berlanjut seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang divaksinasi. Sehingga pariwisata dan sektor lain bisa dibuka dengan aman,” tegas dr. Kesuma.

Baca juga:  Korban Jiwa COVID-19 Masih Bertambah, Jumlah Harian Pasien Sembuh Lebih Rendah dari Kasus Baru

Sebelumnya, dr. Kesuma menyampaikan menurunnya jumlah pasien COVID-19, juga berimbas pada pemanfaatan ruangan. Ia menegaskan, ruangan khususnya pasien COVID-19 di RSUD Klungkung sudah banyak yang ditutup.

Bahkan, Ruang Isolasi VIP juga ditutup per 1Juni ini. Sejak pertengahan Mei ini, dikatakan sudah tidak ada pasien yang dirawat di sana.

Sementara permintaan Ruangan Kelas I untuk pasien non-COVID-19 belakangan cukup tinggi. Permintaan ruang VIP juga tinggi.

Baca juga:  Tutup 2 Hari, Layanan Operasi RSUD Klungkung Dibuka Lagi

Untuk diketahui, jumlah ruangan isolasi ada 83 ruangan. Diantaranya Ruang ICU dari kapasitas 14 orang, hanya terisi satu orang. Sisanya lagi 13 ruangan.

Ditambah sisa ruangan lainnya, jadi ada 79 ruangan yang kosong. Sementara dari 4 pasien yang dirawat saat ini, satu di antaranya terkonfirmasi berat dan 3 orang terkonfirmasi sedang. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *