Salah satu siswa SD saat mengambil soal ujian sekolah, belum lama ini. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Proses PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) untuk jenjang SD dan SMP rencananya dilakukan secara online. Pelaksanaan PPDB akan dimulai akhir Juni ini. Saat ini Dinas Pendidikan Klungkung sedang menyiapkan aplikasi sesuai petunjuk teknis PPDB. Agar minggu depan Disdik Klungkung sudah bisa melakukan uji coba.

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Dinas Pendidikan Klungkung, Ni Komang Sukreni, Rabu (2/6) mengatakan PPDB secara online hanya untuk SD dan SMP saja. Sementara untuk taman kanak-kanak (TK), pendaftaran melalui jalur langsung. Selain menyiapkan aplikasi, Disdik Klungkung juga terus mensosialisasikan aplikasi ini kepada setiap operator di setiap sekolah.

Baca juga:  Ombudsman : Pengawasan PPDB Harus Ditingkatkan

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar I Ketut Suastana menambahkan, selain mempersiapkan aplikasi, pihaknya juga harus memastikan daya tampungnya. Untuk daya tampung SD dan SMP, ia mengatakan masih mencukupi, dilihat dari siswa yang lulus tahun ini. Seperti pada siswa yang tamat TK ke jenjang ke SD sebanyak 3.000 siswa. Sementara jenjang SD ini dari 136 sekolah mampu menampung 4.114 siswa. Untuk jenjang SMP dari 22 sekolah tersedia daya tampung 3.264 siswa. Sementara siswa yang tamat dari jenjang SD ke SMP berjumlah 2.799 siswa. “Jadi kalau daya tampungnya dilihat dari kelulusan jumlah kelulusan siswa, aman,” katanya.

Baca juga:  Masih Terdampak Pandemi, Arus Balik dari Nusa Penida Lesu

Beberapa jalur dalam PPDB tahun ini, ada dari jalur zonasi 80 persen, jalur afirmasi 15 persen dan jalur perpindahan tugas orang tua atau wali 5 persen. Sementara untuk jalur prestasi 5 persen, hanya diperuntukan untuk sekolah yang menggelar kelas khusus olahraga, merata di setiap kecamatan, misalnya SMPN 1 Semarapura, SMPN 1 Dawan, SMPN 1 Banjarangkan dan SMPN 1 Nusa Penida.

Sesuai jadwal PPDB untuk jenjang TK pendaftaran mulai 21-22 Juni, pengumuman diterima 24 Juni dan pendaftaran kembali 26-27 Juni. Untuk jenjang SD pendaftaran mulai 21-25 Juni, pengumuman diterima 28 Juni dan pendaftaran kembali 29-30 Juni.

Baca juga:  Sistem Zonasi Persoalan Baru Dunia Pendidikan

Untuk SMP jadwal pendaftaran didasarkan pada jalur zonasi, afirmasi dan jalur perpindahan tugas orang tua pada 21-25 Juni, pengumuman diterima 28 Juni dan pendaftaran kembali 29-30 Juni. Khusus pada jalur prestasi, pendaftaran 1-2 Juli, pengumuman diterima 3 Juli dan pendaftaran kembali 5-6 Juli. (Bagiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *