Pemedek melalui tangga yang menghubungkan pelataran Pura Bukit Kembar Kenusut ke Pura Lempuyang Luhur di Desa Bukit, Karangasem. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Proses pengerjaan proyek pembangunan seribu tangga dari pelataran Pura Bukit Kembar Kenusut menuju Pura Lempuyang Luhur di Desa Bukit, Karangasem kembali dihentikan sementara. Inisiator 1.000 Tangga Bahagia, I Putu Gede Mahendra Giri, Jumat (21/5) mengungkapkan, ada dua faktor yang melatari penghentian pengerjaan pembangunan yang sudah hampir rampung ini.

Ia mengatakan anak tangga yang sudah selesai dikerjakan jumlahnya sebanyak 889 tangga. “Tangga yang sudah selesai dibangun ini, telah dilalui ribuan pemedek saat pujawali maupun hari-hari biasa melalui jalur timur,” ucapnya.

Baca juga:  Bertahun–tahun "Overload," TPA Bengkala akan Diperluas dengan Anggaran Miliaran Rupiah

Hanya saja, kata Mahendra, pengerjaan tangga kembali dihentikan sementara karena pekerja yang sebagian merupakan anak sekolah sudah mulai melakukan proses pembelajaran tatap muka (PTM). Faktor kedua karena kekurangan dana.

Untuk itu, sambil berjalan pihaknya terus berusaha untuk mencari donatur. Sementara, untuk ongkos kerja dibayarkan bertahap melalui dana punia yang masuk dan penjualan baju serta hasil usaha Inisiator. “Meski banyak kendala, tapi kami optimis bisa menyelesaikan pembangunan tangga tersebut dengan sempurna. Kami mohon dukungan semua pihak dan para donatur,” harapnya.

Baca juga:  Terseret Arus Pantai Tegal Besar, Siswa SMP Selamat

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini juga diperlukan pengaspalan jalan sejauh 600 meter untuk lebih dekat ke tangga pertama. Sehingga, pihaknya juga mulai melangkah untuk bertemu beberapa donatur persiapan Bale Pesandekan dan membuat pegangan tangga. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *