Petugas memadamkan api yang membakar bale Piasan Pura Pasek Gelgel Songan, Besang Kawan. ( BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com  – Serangkaian hari raya Buda Kliwon Pahang, Rabu (19/15) umat Hindu disibukkan dengan berbagai kegiatan upacara keagamaan. Namun, aktivitas umat di Pura Pasek Gelgel Songan di Besang Kawan, Semarapura Kaja, dikagetkan dengan peristiwa kebakaran bangunan bale piasan. Kebakaran diduga berasal dari api dupa, yang membakar tikar pandan diatas bale piasan

Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung Putu Suarta, mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 13.00 wita. Pemadam kebakaran menerjunkan tiga unit mobil damkar menuju lokasi. Proses pemadaman api berlangsung singkat. Kebetulan lokasinya dekat, dan api juga tidak terlalu besar, sebelum tertangani petugas Damkar. Penanganan kebakaran juga dibantu warga sekitar dan umat yang hendak sembahyang.

Baca juga:  AMB dan HCB Gelar Aksi Sosial

“Kebakaran diduga karena api dupa. Saat itu ada umat mau sembahyang. Diduga api dupanya jatuh membakar bagian tikar pandan di bale piasan. Lalu api terus membesar,” katanya.

Atas kejadian ini, belum dapat diketahui berapa besar kerugiannya. Karena sudah tertangani dengan cepat, bale piasan ini tidak sampai terbakar habis. Kobaran api juga tidak sampai merembet ke bangunan palinggih lainnya di pura ini. Namun, situasi ini sempat membuat tegang warga sekitar. Belum jelas langkah apa yang selanjutnya dilakukan pihak pengempon pura, pascakejadian ini.

Baca juga:  Karena Ini Dapur Dewa Suta Terbakar

Atas kejadian ini, Suarta kembali mengingatkan agar umat hati-hati menaruh dupa saat sembahyang. Jauhkan dari tempat-tempat yang rentan terbakar. Sehingga, tidak menjadi pemicu kebakaran di pura. (Bagiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *