Bupati Giri Prasta bersama Wabup Suiasa, Wakil Ketua DPRD I Wayan Suyasa, Sekda Adi Arnawa dan jajaran Forkopimda Badung Mengikuti Pengarahan Presiden Jokowi Kepada Kepala Daerah Se-Indonesia secara virtual di Puspem Badung, Senin (17/5). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Wakil Bupati I Ketut Suiasa, Wakil Ketua DPRD I Wayan Suyasa, Sekretaris Daerah Adi Arnawa dan jajaran Forkopimda Badung Mengikuti Pengarahan Presiden Jokowi Kepada Kepala Daerah Se-Indonesia Secara Virtual, dari Gedung Badung Command Centre Puspem Badung, Senin (17/5). Turut hadir pada pengarahan tersebut Wapres Ma’ruf Amin, Mendagri Tito Karnavian, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung serta Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam arahannya Presiden Jokowi meminta kepada semua kepala daerah dan jajaran Forkopimda agar waspada akan kenaikan kasus Covid-19 pasca lebaran. “Kita harus waspada karena ada potensi jumlah kasus baru Covid, meskipun telah terbit larangan mudik. Tadi pagi saya dapat data ada 1.5 juta masyarakat yang mudik, meskipun telah ada larangan dan penyekatan mudik,” ujarnya.

Baca juga:  Tak Hanya Bumbu Dapur, Ini Tiga Manfaat Ampuh Merica

Oleh sebab itu Jokowi berharap kasus aktif tidak sebesar tahun lalu karena sudah terjadi penurunan kasus aktif di Februari sebesar 48 persen. “Ini yang harus kita tekan. Untuk itu dibutuhkan konsistensi kita harus memiliki ketahanan karena di negara tetangga sudah melonjak drastis seperti Malaysia dan Singapura,” ucapnya.

Jokowi menambahkan sesuai perkembangan kasus mingguan Bed Occupancy Ratio (BOR)  atau rasio keterisian tempat tidur rumah sakit di setiap daerah harus di bawah 50 persen. Mengingat saat ini secara nasional angka rata-rata BOR ada dikisaran 29 persen. “Oleh karena itu saya minta kepada bupati bersama forkopimda semuanya tau kondisi angka itu di setiap daerah sehingga tau langkah apa yang harus dilakukan,” tegasnya.

Mengenai sektor ekonomi, Jokowi menargetkan di kuartal kedua 2021 harus diatas 7 persen karena indikasi ke arah sana ada, tergantung kerja keras bersama. “Kita harus kerja keras, optimis agar target kuartal kedua bisa kita peroleh. Namun kita juga jangan gegabah membangkitkan ekonomi harus diimbangi dengan  menjaga kesehatan masyarakat,” imbuhnya.

Baca juga:  Denpasar Sediakan 183 Ribu Vaksin JE

Sementara itu Mendagri Tito Karnavian melaporkan pandemi Covid-19 yang telah berlangsung 1,5 tahun membuat para pemimpin harus mengambil kebijakan yang strategis sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing. Bahkan saat ini negara-negara maju mengalami peningkatan kasus Covid-19, namun Indonesia mengalami penurunan trend setelah dilakukan kebijakan PPKM. “Setiap minggu kami bersama pihak terkait melaksanakan rakor untuk meng update kondisi terbaru. Ada beberapa indikator pengendalian pandemi, kepala daerah dan forkopimda harus kompak dalam menangani pandemi. Momentum hari raya harus diwaspadai,” ujarnya.

Usai mendengarkan pengarahan Presiden, Bupati Giri Prasta menyatakan siap melaksanakan apa yang menjadi arahan presiden. Selaku kepala daerah pihaknya mengatakan kebijakan yang diambil selalu selaras dengan pemerintah pusat dalam penanganan pandemi Covid-19.

Baca juga:  Kuliner, Penyumbang PDB Terbesar Ekonomi Kreatif

“Tentunya, kami di Badung bersama Forkopimda siap melaksanakan apa yang menjadi arahan Bapak Presiden. Kami akan terus berkoordinasi terkait teknisnya, agar kebijakan ini bisa dijalankan dengan baik dan efektif.  Mari kita bersama-sama berupaya menjaga Badung dari penyebaran Covid-19,” ajaknya.

Selaku Bupati, Giri Prasta menyadari dalam penanganan pandemi, peningkatan sisi ekonomi harus diimbangi dengan menjaga sisi kesehatan. “Untuk itu kita harus melakukan manajemen yang baik antara gas dan rem. Kita harus tahu momentum kapan mulai nge-gas, kapan kita menginjak rem. Karena di satu sisi ekonomi agar tetap berjalan dan di sisi lain kesehatan masyarakat tetap terjaga,” tegas Giri Prasta. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *