Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menunaikan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (13/5). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Shalat Ied dilaksanakan Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor pada Kamis (13/5). Presiden Jokowi mengenakan mengenakan baju putih lengan panjang dipadukan dengan sarung bermotif batik dan peci berwarna hitam.

Sedangkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan mukena berwarna coklat muda. Keduanya pun mengenakan masker tiba sekitar pukul 06.16 WIB dan langsung menempati tempat yang disediakan.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, tepat pukul 06.36 WIB, shalat Idul Fitri dimulai. Bertindak selaku imam shalat Idul Fitri adalah Serda Ridwan Payopo yang sehari-hari bertugas sebagai anggota Tim Pampri Den 1 Grup A Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Baca juga:  Mudik, Tradisi Sosial yang Sangat Sulit Diubah

Dalam khotbahnya, Serda Payopo menyampaikan bahwa menjalankan amalan serta ibadah di rumah dan menerima keadaan dengan adanya wabah seperti saat ini merupakan salah satu ujian yang diberikan Allah SWT.

“Kita harus bersabar menerima kenyataan ini karena pada dasarnya, apa yang kita lakukan tidak lain yakni dalam rangka menaati Allah, Rasulullah, para ulama dan pihak berwenang yang pada intinya bertujuan untuk menyelamatkan umat manusia dari ancaman wabah suatu penyakit,” kata Serda Payopo.

Baca juga:  Hadapi Gelombang III, Thailand Laporkan Ribuan Kasus COVID-19

Terkait pandemi COVID-19 yang masih berlanjut pada Ramadhan dan Idul Fitri kali ini, Serda Payopo juga berharap agar bulan Ramadhan dapat menjadikan semua lebih baik dari sebelumnya.

“Oleh sebab itu di tengah tantangan lebih berat ini kita selalu istiqomah dengan mempertahankan rutinitas ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadan,” ungkap Serda Payopo.

Shalat Idul Fitri kali ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan menjaga jarak antarjamaah.

Baca juga:  Kemenpar Gaungkan Wisata Budaya via Guar Bumi Ciparay

Turut serta dalam shalat Idul Fitri kali ini beberapa perangkat melekat antara lain Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini, Komandan Grup A Paspampres Kolonel Inf. Anan Nurakhman, Asisten Ajudan Presiden AKP Syarif Muhammad Fitriansyah, dan Pengawal Pribadi Presiden Lettu Inf. Windra Sanur.

Setelah shalat Idul Fitri selesai sekitar pukul 07.02 WIB, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kembali ke Wisma Bayurini Istana Kepresidenan Bogor. (kmb/balipost)

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/balipost/public/wp-content/themes/balipost/includes/wp_booster/td_block.php on line 1009

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *