Logo Hokben. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Brand yang berasal dari luar negeri mungkin lebih digemari anak-anak muda karena terkesan mewah dan mahal. Namun, brand-brand Indonesia juga tidak kalah dengan brand luar negeri.

Bahkan, beberapa brand Indonesia telah mendunia hingga masyarakatnya sendiri pun tidak menyadari bahwa itu berasal dari Indonesia. Ini dia lima brand asal Indonesia yang kerap dikira brand luar negeri.

1. J.Co Donut & Coffee

J.Co Donut & Coffee atau yang dikenal dengan J.Co merupakan restoran dan waralaba yang mengkhususkan penjualan donat, kopi, dan yogurt beku. Brand yang kerap dikira brand internasional ini ternyata didirikan pada tahun 2005 oleh Johnny Andrean Group yang dimiliki oleh Johnny Andrean, seorang pengusaha sukses kelahiran Singkawang, Kalimantan Barat. Restoran ini telah tersebar luas di Indonesia, bahkan di Asia, seperti Filipina dan Tiongkok.

Baca juga:  PKS Minta Tidak Dikaitkan Kasus Pemalsuan Beras

2. HokBen

Hoka-Hoka Bento yang telah berganti nama menjadi HokBen merupakan jaringan restoran makanan cepat saji yang menyajikan makanan bergaya Jepang yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Didirikan pertama kali pada 18 April 1985, HokBen berdiri di bawah naungan PT Eka Bogainti yang dimiliki oleh Hendra Arifin. Restoran ala Jepang ini kerap dianggap berasal dari Jepang, padahal merupakan brand asli Indonesia.

Baca juga:  Ulos Diusulkan Jadi Warisan Budaya Dunia Tak Benda

3. California Fried Chicken

CFC atau California Fried Chicken merupakan restoran cepat saji asal Indonesia, sejenis dengan KFC dan McDonald’s. Dari namanya mungkin kamu langsung mengira bahwa brand ini berasal dari California, padahal restoran ini didirikan pada tahun 1983 di bawah naungan PT Pioneerindo Gourmet International Tbk.

4. The Executive

The Executive merupakan brand lokal yang gerainya bisa kamu temukan di mal-mal. Melihat gerai dan namanya yang terkesan elegan dan mewah, mungkin kamu mengira ini brand internasional.  Nyatanya, brand ini diproduksi oleh PT Delami Garment Industries asal Indonesia. Brand ini memproduksi busana kantoran untuk pria dan wanita.

Baca juga:  Tambahan Harian COVID-19 Nasional Naik di Atas 6.000 Orang

5. Eiger

Brand Eiger yang berada di bawah naungan PT Eigerindo Multi Produk Industri merupakan perusahaan dan merk asal Indonesia yang memproduksi pakaian dan peralatan rekreasi alam. Didirikan pertama kali di Bandung pada tahun 1994, perusahaan ini memproduksi produk untuk kegiatan mendaki gunung, berkemah, dan panjat tebing. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *