Ny Candra Tamba bersama jajaran melakukan potong tumpeng saat peringatan Hari Kartini. (BP/Ist)

NEGARA, BALIPOST.com – Meski pandemi COVID-19 masih belum sirna di muka bumi, namun tidak menyurutkan kaum perempuan yang tergabung dalam berbagai organisasi wanita (GOW) di Jembrana menggelar kegiatan. Seperti halnya yang dilakukan di wantilan pura Jagatnatha, pada Rabu (21/4).

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), kalangan perempuan yang dikoordinir oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PPPA-KB) menggelar peringatan hari besar nasional yakni, Hari Kartini.

Berbagai kegiatan dalam peringatan, dilibatkan seperti misalnya, pelayanan kesehatan dan keluarga berencana, pemotongan nasi tumpeng, pengukuhan Forum Anak Daerah (FAD), juga tidak ketinggalan kalangan kaum perempuan yang berasal dari berbagai unsur diajak untuk beradu kreativitas melalui ajang perlombaan. Seperti, lomba mengukir dan mengias produk yang berasal dari komoditi pertanian seperti, buah-buahan dan sayu-sayuran termasuk lomba membuat dan menyajikan nasi tumpeng.

Baca juga:  Pujawali di Pura Uluwatu, Sejumlah ''Pamedek'' masih Pakai Kantong Plastik

Dari 25 peserta yang tampil dalam ajang perlombaan di tahun pertama pemerintahan Bupati I Nengah Tamba dan wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna ternyata mendapat atensi dan support oleh ketua tim Penggerak PKK Ny. Candra Tamba, ketua K3S Ny. Inda Patriana, ketua Gabungan Dharma Wanita Kabupaten Jembrana Ny. Ledang termasuk Pj. Sekda I Nengah Ledang yang saat itu didaulat mewakili Bupati I Nengah Tamba.

Didampingi Kadis PPPA-KB Ni Kade Ari Sugianti, ketua TP. PKK Kabupaten Jembrana mengaku bangga dan support kepada kalangan perempuan yang tergabung dalam GOW di kabupaten Jembrana. Sebab, dapat menampilkan kreativias dan seni mengukir dan menata bahan yang berasal dari hasil pertanian baik berupa buah-buahan dan sayur-sayuran termasuk penataan dalam penyajian nasi tumpeng.

Baca juga:  Kembali, Kasus Baru Positif COVID-19 Bertambah Belasan Orang di Bali

“Ini merupakan karya dan kreativitas para kaum perempuan yang patut kita apresiasi. Kami sangat bangga kepada ibu-ibu ini, kita harapkan kreativitas seperti ini terus ditingkatkan. Selain itu, kami juga salut kepada kaum ibu-ibu, meski dalam kondisi sulit saat ini akibat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, peringatan Hari Kartini dapat kita peringatai dengan penuh semangat yang tinggi,” ujarnya.

Ny. Candra Tamba juga berharap, agar peran dan kreativitas kalangan perempuan terus ditingkatkan untuk kemajuan pembangunan di kabupaten Jembrana. “Tentu kami ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi wanita di kabupaten Jembrana. Kami yakin, bersama perempuan dengan emansipasinya kemajuan pembangunan pasti bisa kita wujudkan,” tegasnya.

Sementara, Bupati I Nengah Tamba dalam sambutannya yang dibacakan, Pj. Sekda I Nengah Ledang mengatakan, perempuan bukan saja sebagai pendamping dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Namun lebih dari itu perempuan diharapkan mampu menjadi pilar pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Baca juga:  Gubernur Koster Harap Bali Dapat Perhatian Khusus

“Perempun memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya revolusi mental bangsa. Untuk itu, perempuan diharapkan mampu membawa perubahan serta berperan sebagai agen pembaruan terlebih di masa pandemi COVID-19 ini,” ujarnya.

Untuk mewujudkan keluarga yang harmonis dan sejahtera, Bupati Tamba mengaku, pihaknya sering kali dihadapkan oleh kondisi sosial ekonomi masyarakat yang masih dalam lingkaran kemiskinan akibat rendahnya tingkat kesehatan dan pendidikan. “Di sinilah sangat kami harapkan peran semua kader PKK maupun organisasi wanita yang ada serta generasi muda (anak-anak) yang nantinya menjadi penerus pembangunan di Jembrana,” pungkasnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.