Suasana Desa Penglipuran. (BP/Dokumen)

BANGLI, BALIPOST.com – Penglipuran menjadi destinasi favorit di Kabupaten Bangli yang banyak dikunjungi wisatawan lokal saat libur hari raya Galungan. Diperkirakan pada Umanis Galungan, Kamis (15/4), kunjungan ke desa wisata itu meningkat meski masih pandemi COVID-19.

Pengelola Desa Wisata Penglipuran, I Nengah Moneng, memperkirakan kunjungan akan mencapai seribuan orang sehari. Pihak pengelola pun telah melakukan persiapan dengan menambah petugas tiket, parkir, hingga keamanan.

Baca juga:  Umanis Galungan, Kintamani Ramai Pengunjung

Ia mengatakan jumlah petugas tiket, parkir dan keamanan akan ditambah mencapai 20 hingga 25 orang. Petugas keamanan nantinya tidak hanya melakukan tugas pengamanan secara umum namun juga melakukan penertiban protokol kesehatan (prokes).

Dalam upaya menjaga kebersihan di lingkungan Penglipuran, pihaknya juga bakal menambah petugas khusus kebersihan hingga 5 orang. “Kalau hari biasa petugas kebersihan yang dikerahkan sekitar 7 orang. Nanti kami akan tambah lagi,” ujarnya belum lama ini.

Baca juga:  Hubungkan Sulahan-Penglipuran, Jembatan Gantung akan Dibangun di Bangli

Selain petugas, ketersediaan sarana protokol kesehatan (prokes), seperti hand sanitizer, juga bakal ditambah. Kata Moneng, selama pandemi covid-19, dalam sehari rata-rata jumlah kunjungan ke Penglipuran mencapai 100-200 orang.

Pada hari raya Galungan nanti diperkirakan jumlah kunjungannya naik menjadi seribuan orang. Seperti pengalaman sebelumnya biasanya kunjungan wisatawan ramai pada umanis Galungan. “Naik tapi tidak banyak. Karena yang berkunjung hanya semeton Bali saja. Kalau yang dari luar Bali biasanya saat tahun baru,” imbuhnya. (Dayu Swasrina/balipost)

Baca juga:  Cegah Kluster Baru, Pengamanan Objek Wisata di Bangli Diperketat
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *