I Gusti Gede Rinceg. (BP/dok)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui BKSDM telah mengusulkan pengangkatan ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Pemerintah pusat. Hanya saja, dari pusat mengalihkan perekrutan CPNS ke rekrutmen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), I Gusti Gede Rinceg, mengatakan pihaknya telah mengajukan pengangkatan CPNS ke pemerintah pusat sebanyak 765 orang. Dari jumlah yang diajukan itu, sekitar 500 orang adalah tenaga guru.

Baca juga:  Nia, Dokter Kecil Asal Pupuan Raih Juara Satu

Rinceg, menambahkan, hanya saja sesuai dengan kebijakan dari Depertemen Pendidikan, untuk rekrutmen tenaga guru tahun ini dialihakan ke P3K. Sehingga tidak ada PNS yang diangkat. Khusus untuk Karangasem mendapatkan kuota sebanyak 547 orang.

“Untuk rekrutmen ini akan diprioritaskan bagi mereka yang tenaga guru honorer. Tapi, masyarakat umum juga boleh mengikuti tes ini. Dan sesuai data yang terekam di dapodik, saat ini Karangasem ada sebanyak 940 tenaga honorer. Jadi, tenaga honorer akan bersaing untuk merebutkan jatah 547 itu,” ujarnya.

Baca juga:  Candra Dwipa, Sosok Inspiratif Penerima Beasiswa Generasi Lestari

Dia menjelaskan, tidak ada kreteria untuk bisa ikut tes itu nanti. Karena untuk tes P3K ini boleh diikuti berkali-kali oleh para peserta. Termasuk satu tahun belum masa pensiun bisa mengikuti tes ini. Sebab, untuk P3K ini kontraknya dilakukan limat tahun. Dan apakah setiap tahunnya akan diperpanjang atau tidak.

“Para peserta yang sebelumnya gagal bisa ikut lagi sampai mereka lolos. Dan masalah waktu rekrutmennya, kita masih terus melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat,” tegas Rinceg. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Dorong UMKM Bali "Kunjungi Dunia," Menkop Teten Kunjungi STMIK Primakara
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *