Gedung yang ada di SDN 3 Amertha Bhuana, Kecamatan Selat rusak. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Belasan gedung SD di Kabupaten Karangasem mengalami kerusakan karena sudah termakan usia. Salah satunya, gedung yang ada di SDN 3 Amertha Bhuana, Kecamatan Selat. Kabid Pembinaan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, Nyoman Merta belum lama ini.

Merta menjelaskan, kalau gedung sekolah tersebut rusak akibat cukup lama tak ditempati akibat Covid-19. Kata dia, untuk proses perbaikan SD Negeri 3 Amerta Buana sudah masuk perencanaan, untuk detail enginering design (DED). “Sekarang tinggal menunggu anggaran untuk pengerjaan fisiknya,” ucapnya.

Baca juga:  Dipadati Pemedek, Pujawali di Pura Luhur Tanah Lot 

Dia menjelaskan, selain SD Negeri 3 Amerta Buana, ada beberapa bangunan SDN yang rusak karena jarang ditempati serta dari awal rusak. Untuk gedung yang mengalami kerusakan berat, yakni sebanyak 12 sekolah diantaranya SD N 2 Padang Bai, SDN 3 Tumbu,SDN 7 Tianyar Barat, SDN 2 Ban, SDN 2 Datah, serta SDN 2 Labasari. Sedangkan yang lainnya sudah masuk perencanaan.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Karangasem, Gusti Ngurah Kartika, sebelumnya juga mengutarakan hal sama. Bangunan sekolah dasar di Krangasem yang kondisinya rusak berat dan sedang hampir capai 50 persen. Kondisi tersebut tersebar di 8 Kecamatan. Terbanyak di Kubu, Selat, Abang. “Kerusakannya bervariatif. Untuk perbaikannya dilakukan bertahap dan berdasarkan prioritas kerusakan, dan laporan dari sekolah,” jelasnya. (Eka Prananda/Balipost).

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *