Layanan vaksinasi khusus lansia di Lapangan Astina Gianyar. (BP/Wir)

GIANYAR, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas Kesehatan membuka posko layanan vaksin khusus untuk para lansia di Lapangan Astina Gianyar. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gianyar, Anak Agung Anom Sukamawa Kamis (18/3) mengatakan 20 fasilitas kesehatan, satu klinik dan satu posko layanan vaksin lansia di Lapangan Astina ini akan menyasar sekitar 41.000 lansia yang ada di Kabupaten Gianyar.

Anom Sukamawa menyampaikan akibat keterbatasan pasokan vaksin, posko layanan vaksin covid khusus lansia ini melayani maksimal 100 peserta lansia per hari. Ini terutama akan menyasar lansia bertempat tinggal di Kecamatan Gianyar dan sekitarnya.
Ia menjelaskan posko layanan vaksin lansia ini dibuka dari 08.00-14.00 WITA. “Kalau peserta lansia membludak dijadwalkan kembali di hari berikutnya,” ucapnya.

Baca juga:  Distan Canangkan Gelar Vaksin Rabies

Rencananya, posko ini akan dibuka selama seminggu. Ini menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin. Anom Sukamawa menuturkan ada sedikit perbedaan dalam pelayanan vaksin khusus lansia.

Saat screening ada beberapa pertanyaan tambahan yang disampaikan kepada peserta vaksin lansia. Ini seperti apakah lansia bisa menaiki 10 anak tangga atau pertanyaan apakah sering lelah dan lainnya.

Untuk lansia umur 60 tahun ke atas vaksinasi kedua booster dilakukan rentang 28 hari dari vaksin pertama. Sedangkan peserta vaksinasi umur 18-59 tahun pada vaksinasi kedua booster dilakukan pada rentang waktu 14 hari atau bisa ditunda paling lambat 28 hari dari vaksinasi pertama.

Baca juga:  Lansia Perlu Vaksinasi Perkuat Imunitas Melawan Virus Corona

Anak Agung Anom Sukamawa menambahkan selain di Posko Lapangan Astina, 41.000 lansia di Kabupaten Gianyar mendapatkan prioritas layanan di puskesmas dan rumah sakit terdekat. Saat ini Gianyar memiliki 20 faskes melayani vaksinasi meliputi 13 puskesmas, 7 rumah sakit, dan tambahan 1 klinik Polres Gianyar serta Posko Lapangan Astina. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *