Ni Putu Cindy Widyawati. (BP/kmb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Genre musik dangdut di Bali saat ini memang bisa dibilang minim peminatnya, terutama untuk yang menekuninya. Alasan ini pula yang mendasari dua penyanyi muda bertalenta, Ni Putu Cindy Widyawati (17) dan Dandi Rahman (20) terjun ke genre musik ini.

Mereka yang kini menjadi finalis dari Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 itu, ingin membuat dangdut lebih diminati di Bali. Terlebih, dangdut juga bisa dipadukan dengan kesenian daerah.

Kolaborasi ini yang diangkat Cindy asal Jembrana. Ia yang menekuni geguritan sejak kecil merasa dangdut bisa dipadukan dengan kesenian khas Bali ini.

Baca juga:  Kurir Napi Bandar Narkoba Ternyata Sopir Taksi Online

Bahkan saat mengikuti audisi, ia disarankan oleh salah satu juri saat itu, Reza, agar menyelipkan cengkok geguritan dalam lagu dangdut yang dibawakan. Ia yang kini duduk di bangku SMA ini pun merasa tertantang untuk mengkolaborasikan keduanya sehingga bisa mengharumkan nama Bali di pentas nasional.

“Belum banyak orang Bali yang menekuni dangdut. Berharap bisa mengembangkan hobi yang Cindy miliki dan mengharumkan nama Bali dalam industri dangdut,” katanya dalam media tour LIDA 2021 secara virtual yang menampilkan dua duta Provinsi Bali, Minggu (7/3).

Hal yang sama diungkapkan Dandi yang kini sedang kuliah di Undiksha semester VII. Ia mengatakan dangdut tidak hanya dikenal orang lokal saja, tapi orang luar negeri juga sudah menyukai genre musik ini. “Dari pengalamanku manggung di kafe dan rumah makan, orang luar (wisatawan mancanegara, red) juga mulai menyukai dangdut,” sebutnya.

Baca juga:  Bobol Warung, Pencuri HP Dibekuk Polisi
Dandi Rahman. (BP/kmb)

Ia pun menginginkan dangdut tidak hanya bisa dikenal oleh orang Indonesia, tapi juga menjadi genre musik yang diterima masyarakat Internasional. Bali, dinilainya bisa menjadi salah satu destinasi yang mempopulerkan dangdut ke dunia internasional.

LIDA merupakan kompetisi mencari talenta dangdut yang digulirkan Indosiar. Sebelumnya proses audisi online telah diselenggarakan di 34 provinsi yang diikuti ribuan peserta audisi dari bebagai pelosok daerah.

Baca juga:  Ingin Operasi Mata, Gadis Tunanetra Ini Ikut Kompetisi Lagu Dangdut

Sejak Sabtu (6/3), Indosiar menayangkan episode Audisi LIDA 2021 dengan mengundang peserta yang lolos ke Jakarta untuk kembali mengikuti seleksi tahap akhir hingga nantinya terpilih 70 Duta Provinsi yang akan berkompetisi di LIDA 2021. Mereka akan memperebutkan gelar Juara LIDA 2021 dengan total hadiah senilai Rp 1 Miliar.

Dua Duta Provinsi Bali yang lolos dalam kompetisi ini adalah Ni Putu Cindy Widyawati (17) dan Dandi Rahman (20). (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.